Nisar, Bahrum and Agi Putra Kharisma, S.T., M.T. and Ir. Nurudin Santoso, S.T., M.T. (2024) Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Sistem Pengenalan dan Belajar Wayang Kulit Berbasis Android: Studi Kasus Lingkungan MAN Insan Cendekia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Seni wayang kulit merupakan warisan budaya Indonesia yang telah ada sejak abad ke-10 dan terus berkembang hingga kini. Pemerintah berupaya menjaga keberlanjutan warisan ini dengan mengintegrasikan pembelajaran wayang kulit dalam kurikulum seni budaya di berbagai sekolah, termasuk di Sekolah MAN Insan Cendekia Jambi, sebagaimana diungkapkan melalui wawancara dengan para guru di MAN Insan Cendekia Jambi. Penelitian ini mengidentifikasi permasalahan utama, antara lain keterbatasan sumber aktual dan kurangnya contoh pertunjukan wayang dalam bahasa Indonesia, yang mengakibatkan rendahnya efektivitas pembelajaran wayang kulit. Walaupun terdapat alternatif aplikasi dan situs web pembelajaran wayang kulit, materi yang disajikan masih kurang lengkap. Pada penelitian ini, dikembangkan aplikasi sistem pengenalan dan belajar wayang kulit berbasis Android dengan menerapkan metode prototyping. Persona, skenario, dan user story digunakan untuk mendefinisikan kebutuhan aplikasi. Selanjutnya, penelitian menghasilkan satu buah prototipe dengan satu kali iterasi dan satu aplikasi berbasis Android. Hasil pengujian validasi menggunakan black box testing menunjukkan bahwa kerja fungsionalitas aplikasi 100% valid. Hasil pengujian usabilitas menggunakan metode SUS menunjukkan bahwa aplikasi masuk kategori excellent-acceptable dengan tingkat keberhasilan task scenario 100%. Sementara itu, hasil pengujian kompatibilitas menunjukkan bahwa aplikasi dapat digunakan pada sistem operasi Android dengan versi minimal 7.0 Nougat.
English Abstract
Wayang kulit is a cultural heritage of Indonesia that has been present since the 10th century and continues to evolve. The government endeavors to preserve this heritage by integrating wayang kulit education into the cultural arts curriculum of various schools, including MAN Insan Cendekia Jambi. However, the implementation of this learning approach faces several challenges, as revealed through interviews with teachers at MAN Insan Cendekia Jambi. This research identifies key issues, such as limited authentic resources and a lack of Indonesian language-based wayang kulit performance examples, leading to the low effectiveness of wayang kulit education. Despite the availability of alternative applications and websites for learning wayang kulit, the presented materials remain incomplete. In this study, an Android-based wayang kulit recognition and learning application is developed using the prototyping method. Personas, scenarios, and user stories are employed to define the application requirements. Subsequently, the research produces a prototype through one iteration, resulting in a single Android-based application. Validation testing using black-box testing demonstrates that the functionality of the application is 100% valid. Usability testing, conducted using the System Usability Scale (SUS) method, categorizes the application as excellent-acceptable, with a 100% success rate for task scenarios. Compatibility testing indicates that the application can be used on Android operating systems with a minimum version of 7.0 Nougat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524150044 |
Uncontrolled Keywords: | Android, Pengenalan, Belajar, Wayang Kulit, Prototyping, SUS-Android, Recognition, Learning, Wayang Kulit, Prototyping, SUS. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 02:22 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 02:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215359 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Bahrum Nisar.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |