Multazam, Muhammad Dhanial and Budi Fajar Supriyanto, S.Kom, M.Kom. (2023) Perbandingan Video Sinematik, Ulasan, Tutorial, dan Motion Graphic terhadap Jumlah Klik Keranjang Kuning TikTok. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Media sosial saat ini tak hanya menjadi media untuk bertukar informasi maupun mencari teman baru, namun media sosial perlahan berevolusi sebagai tempat untuk melakukan aktivitas jual beli. Bahkan saat ini muncul istilah baru yaitu “Social Commerce”, yang berarti fitur marketplace yang dimuat dalam aplikasi media sosial. Tiktok pun juga mengaplikasikan fitur social commerce dengan nama Tiktok Shop, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna dan kreator untuk mempromosikan serta menjual produknya melalui TikTok. Salah satu fitur unggulan dari TikTok Shop yaitu keranjang kuning yang merupakan sebuah fitur yang memungkinkan penjual untuk memasukkan produk dari Tiktok Shop ke halaman video. Penelitian ini akan membahas tentang perbandingan konten video sinematik, ulasan, tutorial, dan motion graphic terhadap jumlah klik keranjang kuning. Judul tersebut dipilih karena dengan beragam jenis konten yang ada di TikTok tentu akan berpengaruh terhadap jumlah klik keranjang kuning. Penelitian ini dilakukan dalam periode posting selama 16 hari dan pengambilan data setiap 24 jam dari jam posting. Data yang dikumpulkan berupa jumlah klik keranjang kuning dan jumlah penayangan video yang diambil dari TikTok SellerCenter. Setelah semua data terkumpul akan dilakukan filtering data yang dikategorikan sesuai jenis konten video. Kemudian akan dilakukan perbandingan jenis konten video dan dianalisis untuk mencari jenis konten video dengan kinerja tertinggi. Dari hasil pengamatan didapatkan bahwa : (1) Jenis konten video tutorial mendapatkan jumlah klik keranjang kuning tertinggi, (2) Jumlah klik keranjang kuning dan jumlah penayangan video memiliki hasil yang berbanding lurus. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini, penelitian ini terbatas pada jumlah klik keranjang kuning dan jumlah penayangan. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan lagi penelitian yang serupa dengan meneliti lebih mendalam terkait jenis konten video lain yang lebih bervariasi sesuai tren masanya.
English Abstract
The current social media landscape is not only a platform for exchanging information and making new friends but has gradually evolved into a space for conducting buying and selling activities. In fact, a new term has emerged called "Social Commerce," which refers to the marketplace feature integrated into social media applications. TikTok, for instance, has implemented a social commerce feature called TikTok Shop, enabling users and creators to promote and sell their products through TikTok. One notable feature of TikTok Shop is the yellow shopping cart, allowing sellers to showcase products from TikTok Shop on their video pages. This research aims to explore the comparison of cinematic video content, reviews, tutorials, and motion graphics concerning the number of clicks on the yellow shopping cart. The chosen title reflects the diverse content on TikTok, which is expected to impact the engagement with the yellow shopping cart. The study spanned a posting period of 16 days with data collected every 24 hours from the posting time. The gathered data include the number of clicks on the yellow shopping cart and the number of video views obtained from TikTok SellerCenter. After collecting all the data, a filtering process will categorize it according to the type of video content. A comparison of video content types will then be conducted and analyzed to identify the content type with the highest performance. The observations revealed that: (1) Tutorial video content garnered the highest number of clicks on the yellow shopping cart, (2) The number of clicks on the yellow shopping cart and the number of video views showed a directly proportional relationship. Based on the research findings, it is concluded that this study is limited to the number of clicks on the yellow shopping cart and video views. It is hoped that future researchers can further develop similar studies by delving deeper into various video content types that align with current trends.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052317 |
Uncontrolled Keywords: | TikTok, TikTok Shop, Keranjang Kuning, Jenis Konten Video |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with username tunjungsari |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:55 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215353 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Dhanial Multazam.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |