Abdullah, Attarik Ramadhan and Intan Sartika Eris Maghfiroh, S.E., M.B.A.. and Aryo Pinandito, S.T., M.MT, Ph.D (2024) Analisis Faktor – Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Generasi Z Menggunakan Aplikasi Threads. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penggunaan konten dalam bentuk visual seperti foto dan video telah meningkat signifikan di platform media sosial. Pada tahun 2023, Indonesia memiliki 167 juta pengguna media sosial atau setara dengan 60,4% dari total populasi. Meta meluncurkan aplikasi terbaru berbasis teks bernama Threads. Threads memungkinkan penggunannya membuat percakapan secara real-time, berbagi foto, maupun video. Threads mendapatkan rekor pertumbuhan dengan menghasilkan 100 juta pengguna dalam waktu seminggu diluncurkan. Namun, seminggu setelah peluncuran, jumlah pengguna aktif Threads berkurang secara signifikan. Terjadinya fluktuasi jumlah pengguna membuat Threads mendapat pertanyaan besar apakah aplikasi tersebut dapat menyelesaikan masalah pengguna atau hanya menjadi platform yang mirip dengan Twitter/X. Threads menjadi identik dan popular diantara Generasi Z yang mahir menggunakan teknologi digital. Berdasarkan observasi, Generasi Z yang berdomisili Jabodetabek menggunakan Threads karena penasaran dan mengikuti tren yang sedang ramai di media sosial. Selain itu, Threads juga dianggap memiliki kemudahan karena terintegrasi dengan Instagram. Penelitian menggunakan Technology Acceptance Model dengan menggunakan metode kuantitatif dan menambahkan variabel eksternal yaitu pengaruh sosial dan rasa ingin tahu terhadap penggunaan aplikasi Threads. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor Generasi Z dalam menggunakan dan menerima Threads. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari pengaruh sosial dan rasa ingin tahu terhadap niat penggunaan aplikasi Threads. Dalam proses penggunaannya, aplikasi tersebut tidak dapat disebut mudah digunakan hanya karena terintegrasi dengan Instagram. Hal tersebut ditemukan bahwa kemudahan tidak berpengaruh terhadap niat penggunaan aplikasi karena secara keseluruhan Threads belum mempunyai fitur unik dan belum memiliki proses jauh lebih mudah dari aplikasi sejenis. Generasi Z yang menjadi sasaran penelitian berpendapat bahwa penggunaan aplikasi tersebut dengan alasan rasa ingin tahu yang tinggi dan menggangap dengan menggunakan Threads akan terlihat lebih trendy dan mengikuti tren yang terjadi.
English Abstract
The use of content in visual form such as photos and videos has increased significantly on social media platforms. In 2023, Indonesia had 167 million social media users or the equivalent of 60.4% of the total population. Meta launched its newest text-based application called Threads. Threads allows users to have real-time conversations, share photos and videos. Threads achieved record growth by generating 100 million users within a week of launch. However, after a week of launch, the number of active Threads users decreased significantly. The incident suppressed the number of users, making Threads have big questions about whether the application can solve user problems or is it just a platform similar to Twitter/X. Threads have become synonymous and popular among Generation Z who are adept at using digital technology. Based on observations, Generation Z who live in Jabodetabek use Threads because they are curious and follow trends that are currently busy on social media. Apart from that, Threads is also considered to have convenience because it is integrated with Instagram. The research uses the Technology Acceptance Model using quantitative methods and adding external variables such as social influence and curiosity on the use of the Threads application. This research aims to explain Generation Z factors in using and receiving Threads. The results of the research analysis show that there is a significant influence of social influence and curiosity on the intention to use the Threads application. In the process of use, the application cannot be called easy to use just because it is integrated with Instagram. It was found that convenience does not influence the intention to use the application because overall Threads does not have unique features and does not have a process that is much easier than similar applications. Generation Z, who is the target of the research, believes that they use this application for reasons of high curiosity and think that using Threads will look more trendy and follow current trends.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524150040 |
Uncontrolled Keywords: | Threads, Generasi Z, Technology Acceptance Model, Social Influence, Curiosity |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 06:28 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 06:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215341 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Attarik Ramadhan Abdullah.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |