Hubungan Intervensi Perilaku dalam Program UKGS terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Usia SD di Kota Batu

Wahana, Tiara Putri and drg. Merlya Balbeid, M.MRS (2023) Hubungan Intervensi Perilaku dalam Program UKGS terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Usia SD di Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gigi yang dimiliki anak usia SD lebih rentan terkena karies dan trauma. Dengan demikian diperlukan adanya usaha promotif dan preventif untuk perlindungan gigi anak, salah satunya adalah adanya program Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS). Adanya intervensi perilaku dalam program UKGS dapat menjadi sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak usia SD. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan intervensi perilaku dalam program UKGS terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak usia SD di Kota Batu. Metode rancang bangun yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei deskriptif analitik. Penelitian menggunakan pendekatan cross sectional dengan teknik multistage sampling. Didapatkan 116 sampel dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil penelitian didapatkan intervensi perilaku dalam program UKGS dilaksanakan secara kadang-kadang pada SD Integral Al-Fattah, rutin pada SDN Pandanrejo 2, dan sering pada SDN Tlekung 2. Tingkat pengetahuan baik sebanyak 61,2%, cukup sebanyak 25%, dan kurang sebanyak 13,8%. Hasil uji korelasi Kendall’s Tau didapatkan koefisien korelasi sebesar 0.519 dengan signifikansi 0.000. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan yang signifikan antara intervensi perilaku dalam program UKGS dengan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia SD di Kota Batu dengan korelasi kuat.

English Abstract

Teeth of elementary school age children are more susceptible to caries and trauma. There is a need for promotive and preventive program to protect children's teeth, one of which is UKGS. Behavioral interventions in the UKGS can be a source of information that can increase the dental and oral health knowledge of elementary school age children. The aim of the research was to determine the relationship between behavioral interventions in the UKGS program on the dental and oral health knowledge of elementary school age children in Batu City. The design method is quantitative research with analytical descriptive survey. This research used a cross sectional approach with multistage sampling. Obtained 116 samples by collecting data through questionnaires. Results showed that behavioral interventions in the UKGS program were carried out occasionally at SD Al-Fattah Integral, routinely at SDN Pandanrejo 2, and often at SDN Tlekung 2. The level of knowledge was good at 61.2%, moderate at 25%, and poor at 13.8%. Kendall's Tau correlation test obtained a correlation coefficient of 0.519 with a significance of 0.000. The conclusion is that there is a significant relationship between behavioral interventions in the UKGS program and dental and oral health knowledge in elementary school age children in Batu City with a strong correlation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523140028
Uncontrolled Keywords: Program UKGS, Pengetahuan, Anak Usia SD-UKGS Program, Knowledge, Elementary School Age Children
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 13 Feb 2024 04:28
Last Modified: 13 Feb 2024 04:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215324
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tiara Putri Wahana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item