Setiawan, Arief and Intan Sartika Eris Maghfiroh, S.E., M.B.A. and Aditya Rachmadi, S.ST., M.TI. (2024) Rekomendasi Proses Bisnis Menggunakan Framework Lean Management (Studi Kasus: Penginapan XYZ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kota Malang dikenal sebagai lokasi yang terhubung dengan banyak destinasi pariwisata. Setidaknya terdapat 205 penginapan yang tersebar di Kota Malang pada tahun 2022. Tak hanya pariwisata, penginapan juga tak jarang dimanfaatkan demi memenuhi kebutuhan perjalanan bisnis dan pertemuan keluarga jauh mengingat Kota Malang juga dihuni oleh sejumlah besar perantau berkat menjadi lokasi dari sekitar 50 perguruan tinggi. Hal tersebut menjadikan penginapan sebagai sektor bisnis yang potensial dalam menangkap peluang yang diciptakan oleh wisatawan dan perantau. Pertumbuhan jumlah wisatawan juga menciptakan tantangan dalam mengembangkan bisnis penginapan. Tantangan dalam mengelola bisnis penginapan dapat berupa tekanan dari pasar yang kompetitif sehingga menuntut penginapan untuk dapat konsisten memberikan pelayanan terbaik bagi tamu dalam rangka memelihara kepuasan dan retensi tamu. Penginapan disarankan untuk mengadopsi framework lean management demi mengoptimalkan proses bisnis yang mereka miliki sehingga dapat terus bersaing dengan memberikan pelayanan yang baik bagi tamu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi waste yang terdapat pada proses bisnis Penginapan XYZ. Prinsip lean management khususnya teknik Value Steam Mapping (VSM) dimanfaatkan untuk membantu mengeliminasi waste dan fokus pada aktivitas yang memberikan value. Analisis akar masalah pada penelitian memanfaatkan teknik Root Cause Analysis (RCA) khususnya 5 whys analysis yang didukung dengan pemodelan serta time analysis melalui Bizagi Modeler. Penelitian ini mengidentifikasi 4 jenis waste yang terdapat pada proses bisnis Penginapan XYZ yakni waiting, extra-process, defect, dan inventory. Melalui perumusan rekomendasi dan kalkulasi manfaat, penginapan XYZ berpotensi menerima efisiensi waktu hingga 38% atau setara dengan 11,33 menit.
English Abstract
Malang City is known as a location connected to numerous tourism destinations. In 2022 alone, there were at least 205 accommodations scattered throughout the city. Besides of tourism, accommodations are frequently used to fulfill the needs of business travel and family gatherings, given that Malang is also home to a large number of migrants due to its association with around 50 higher education institutions. This makes the accommodation sector a business that could highly capture opportunities created by tourists and migrants. However, the growth in the number of tourists poses challenges to the development of the accommodation business itself. Managing accommodation businesses is challenged by competitive market pressure, demanding consistent delivery of valuable services to maintain guest satisfaction and customer retention. Accommodations are advised to adopt the lean management framework to optimize their business processes and remain competitive by providing valuable services to guests. This research aims to identify waste in the business processes of XYZ Inn. The principles of lean management, especially the Value Stream Mapping (VSM) technique, are utilized to eliminate waste and focus on activities that add value. The root cause analysis in this research utilizes the 5 Whys analysis technique supported by modeling and time analysis through Bizagi Modeler. The research identifies four types of waste in the business processes of XYZ Inn, which are waiting, extra-process, defect, and inventory. Through the formulation of recommendations and benefit calculations, XYZ Inn has the potential to achieve time efficiency for up to 38% or equivalent to 11.33 minutes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524150032 |
Uncontrolled Keywords: | Lean Management, Value Stream Mapping (VSM), Penginapan, Root Cause Analysis (RCA), 5 Whys Analysis, Business Process Model and Notation (BPMN)-Lean Management, Value Stream Mapping (VSM), Hospitality, Root Cause Analysis (RCA), 5 Whys Analysis, Business Process Model and Notation (BPMN). |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 02:42 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 02:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215307 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Arief Setiawan.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |