Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kartika Sari Bakery.

Hadi, Ilham Fajar (2024) Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kartika Sari Bakery. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan bisnis saat ini, menjanjikan peluang yang besar bagi sebuah perusahaan dalam memenuhi kebutuhan konsumen sehingga hal ini akan menimbulkan persaingan yang semakin ketat pula diberbagai sektor industri. Maka dari itu setiap perusahaan akan mengarahkan kegiatan usahanya untuk menghasilkan produk dengan kualitas terbaik dan memiliki citra yang positif dimata para konsumen. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) Mengidentifikasi variabel citra merek, kualitas produk dan keputusan pembelian pada konsumen Kartika Sari bakery (2) Menganalisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen Kartika Sari bakery (3) Mengidentifikasi faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian pada konsumen Kartika Sari bakery. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif. analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen Kartika Sari Bakery. Penentuan responden menggunakan metode non-probability sampling dengan jenis purposive sampling dengan responden yang berjumlah 84 orang. Alat analisis data yang digunakan sesuai dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen Kartika Sari Bakery menggunakan metode Structural Equation Modeling - partial least square (SEM-PLS) dengan aplikasi WarpPLS 7.0. Berdasarkan hasil penelitian, secara parsial variabel citra merek dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada konsumen Kartika Sari Bakery. Hasil analisis statistik memperoleh nilai koefisien jalur pada variabel citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 0.29 dengan p-value sebesar <0.01 dan nilai koefisien jalur pada variabel kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0.48 dengan p-value sebesar <0.01. serta, variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian ialah pada variabel kualitas produk. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan yaitu variabel citra merek dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar R2 0.525. Beberapa saran yang dapat diberikan untuk meningkatkan keputusan pembelian pada konsumen Kartika Sari bakery dapat dilakukan peningkatan kontrol kualitas dan penanganan produk untuk memastikan produk yang dijual dalam kondisi yang baik dalam kondisi fisik maupun rasa mengingat variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian ialah variabel kualitas produk

English Abstract

The current business landscape offers significant opportunities for companies to meet consumer needs, leading to increased competition across various industry sectors. Therefore, each company will direct its activities towards producing products of the highest quality and maintaining a positive brand image in the eyes of consumers. The objectives of this research are as follows: (1) To identify brand image, product quality, and purchasing decisions variables for Kartika Sari Bakery consumers. (2) To analyze the influence of brand image and product quality on purchasing decisions for Kartika Sari Bakery consumers. (3) To identify the factors influencing purchasing decisions for Kartika Sari Bakery consumers. The approach used in this research is quantitative. Quantitative analysis is employed to analyze the influence of brand image and product quality on purchasing decisions for Kartika Sari Bakery consumers. Respondent selection is determined using non-probability sampling, specifically purposive sampling, with a total of 84 respondents. The data analysis tool used aligns with the objective of understanding the influence of brand image and product quality variables on purchasing decisions for Kartika Sari Bakery consumers, utilizing Structural Equation Modeling - partial least square (SEM-PLS) method with the WarpPLS 7.0 application. Based on the research results, partially, the brand image and product quality variables have an impact on purchasing decisions for Kartika Sari Bakery consumers. The statistical analysis results in path coefficient values of 0.29 for the brand image variable's impact on purchasing decisions with a p-value of <0.01, and 0.48 for the product quality variable's impact on purchasing decisions with a p-value of <0.01. Furthermore, the most dominant variable influencing purchasing decisions is the product quality variable. Based on the research results, simultaneous effects show that both brand image and product quality variables influence purchasing decisions with an R2 of 0.525. Some suggestions to enhance purchasing decisions for Kartika Sari Bakery consumers include improving quality control and product handling to ensure that products sold are in good condition, both physically and in taste. This is essential considering that the most dominant variable influencing purchasing decisions is the product quality variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040005
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: agung
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:50
Last Modified: 01 Feb 2024 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215300
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ilham Fajar Hadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item