Pengaruh Bauran Pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Pertanian Suka Tani Di Kota Magelang.

Kadis, Hasna Khoirunnisa (2024) Pengaruh Bauran Pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Pertanian Suka Tani Di Kota Magelang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Toko Pertanian Suka Tani yang terletak di Kota Magelang, Jawa Tengah ini menyediakan segala kebutuhan dalam kegiatan pertanian. Aktivitas kegiatan pertanian sendiri tidak terlalu banyak dilakukan di Kota Magelang, melainkan di daerah Kabupaten Magelang justru banyak yang beraktivitas terkait kegiatan pertanian atau berprofesi sebagai petani. Akan tetapi, Toko Pertanian Suka Tani memiliki konsumen yang berlatar sebagai penghobi dan juga karyawan yang membeli produk pertanian untuk kepentingan dari perusahaan. Perlu diketahui juga bahwa pada Toko Sukatani Magelang memiliki permasalahan seperti konsumen terkadang tidak mendapatkan produk yang dicari, harga di toko lain lebih murah, tempat yang kurang strategis bagi petani yang bertempat tinggal di Kabupaten, serta tidak pernah melakukan promosi. Hal ini sangat berpengaruh dalam memperoleh keuntungan dikarenakan variabel seperti tempat, produk, harga, serta promosi memiliki pengaruh untuk mengetahui keinginan pasar. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui variabel mana yang memiliki pengaruh terhadap pasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran 4P yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Toko Pertanian Suka Tani di Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan 100 responden yang ditentukan dengan menggunakan rumus Lemmeshow. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dalam bentuk kuesioner. Kriteria responden dalam penelitian ini ialah berusia 17 tahun keatas dan pernah melakukan pembelian pada Toko Pertanian Suka Tani. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji validitas, uji reabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji R2, uji r, uji F, serta uji t. Hasil penelitian menggunakan uji t dengan t tabel 1.988 didapat bahwa variabel bauran pemasaran produk memiliki nilai signifikansi sebesar 0.068 dan t hitung sebesar 1.849, harga memiliki nilai signifikansi sebesar sebesar 0.004, dan t hitung sebesar 2.922, tempat memiliki nilai signifikansi sebesar 0.001 dan t hitung 3.382, serta promosi memiliki nilai signifikansi sebesar 0.004 dan t hitung sebesar 2.932. Selain itu, pada uji F didapat hasil f hitung sebesar 19.844 dan f tabel 2.46. Koefisien korelasi didapatkan hasil sebesar 85.7 % dan koefisien determinasi sebesar 72.3 % Dapat disimpulkan bahwa variabel harga, tempat, dan promosi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel produk tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Namun, secara simultan keempat variabel bauran pemasaran tersebut secara bersama sama memberikan pengaruh signifikan. Selain itu hubungan linier yang terjadi antara variabel produk, harga, tempat, dan promosi bersama sama terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 85.7% serta keempat variabel tersebut memberikan pengaruh secara bersama sama sebesar 72.3 % terhadap variabel keputusan pembelian, sisanya sebanyak 27.7 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini

English Abstract

The Suka Tani Agricultural Shop, located in Magelang City, Central Java, provides all the needs for agricultural activities. There are not many agricultural activities carried out in Magelang City, but in the Magelang Regency area there are many activities related to agricultural activities or working as farmers. However, the Suka Tani Agricultural Store has consumers who are hobbyists and also employees who buy agricultural products for the company's benefit. It should also be noted that the Sukatani Magelang Shop has problems such as consumers sometimes not getting the products they are looking for, prices at other shops being cheaper, the location being less strategic for farmers who live in the district, and never having promotions. This is very influential in gaining profits because variables such as place, product, price and promotion have an influence on knowing what the market wants. Therefore, it is important to know which variables have an influence on the market. This research is quantitative research. This research aims to analyze the influence of the 4P marketing mix variables consisting of product, price, place and promotion on purchasing decisions at the Suka Tani Agricultural Store in Magelang City. This research used 100 respondents who were determined using the Lemmeshow formula. Data collection was carried out by means of interviews in the form of a questionnaire. The criteria for respondents in this study were 17 years old or older and had made purchases at the Suka Tani Agricultural Store. The analytical tools used in this research are validity test, reliability test, descriptive analysis, classical assumption test, multiple linear regression analysis, R2 test, r test, F test, and t test. The results of the research using the t test with a t table of 1.988 showed that the product marketing mix variable had a significance value of 0.068 and t count of 1.849, price had a significance value of 0.004, and t count of 2.922, place had a significance value of 0.001 and t count of 3.382 , and promotion have a significance value of 0.004 and t count of 2.932. Apart from that, in the F test, the calculated f result was 19,844 and the f table was 2.46. The correlation coefficient obtained was 85.7% and the coefficient of determination was 72.3% It can be concluded that the price, place and promotion variables have a partially significant effect on purchasing decisions, while the product variables do not have a partially significant effect on purchasing decisions. However, simultaneously the four marketing mix variables together provide a significant influence. Apart from that, the linear relationship that occurs between product, price, place and promotion variables together on the purchasing decision variable is 85.7% and these four variables have a joint influence of 72.3% on the purchasing decision variable, the remaining 27.7% is influenced by other variables. outside this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524040004
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: agung
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:40
Last Modified: 01 Feb 2024 02:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215294
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hasna Khoirunnisa Kadis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item