Pane, Farid Geratama (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Suplemen Creatine Merek Muscle First di WWGYM Permata Jingga, Malang”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Semakin dengan bertambahnya usia maka akan semakin sadar akan pentingnya penjaga pola kehidupan yang sehat. Melatih kesehatan fisik atau olahraga menjadi faktor yang terpenting untuk menjaga pola hidup sehat. Ketika memulai menekuni olahraga gym atau kegiatan fisik lainnya, maka tidak akan asing dengan suplemen kesehatan. Banyaknya merek suplemen creatine pada saat ini sebagai dampak besarnya pertumbuhan terhadap permintaan konsumen (Sartika, 2017). Gym seringkali menjadi tempat di mana konsumen mencari informasi tentang produk-produk suplemen dan mengambil keputusan pembelian. Beragam nya produk di pasaran yang tersebar menghadirkan tantangan bagi konsumen dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Oleh karena itu, pemahaman mendalam mengenai interaksi antara faktor-faktor sosial, pribadi, dan kualitas produk dalam konteks persaingan pasar yang dinamis menjadi esensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah faktor-faktor seperti sosial, kualitas produk, dan pribadi memengaruhi keputusan pembelian produk suplemen creatine merk Muscle First di WWGYM Permata Jingga, Malang. Penelitan dilakukan di WWGYM Permata Jingga, Malang selama kurang lebih 2 bulan. Penelitian ini menggunakan 52 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner Google Forms yang disebarkan secara offline. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis SEMPLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor sosial, faktor kualitas produk, dan faktor pribadi memilki pengaruh yang signifikan pada keputusan pembelian produk Creatine Muscle First di WWGYM Permata Jingga, Malang. Responden merasa pada Faktor sosial, khususnya peran teman dan keluarga, terbukti memainkan peran yang penting dalam membentuk preferensi pembelian konsumen. Pada aspek kualitas produk, indikator tertinggi yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah kesesuaian produk dengan ekspektasi konsumen. Selain itu, pada indikator faktor pribadi gaya hidup konsumen itu sendiri yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk Creatine Muscle First.
English Abstract
As age increases, one becomes more aware of the importance of maintaining a healthy lifestyle. Training physical health or engaging in sports becomes a crucial factor in maintaining a healthy lifestyle. When embarking on gym workouts or other physical activities, one becomes familiar with health supplements. The multitude of creatine supplement brands in the current market is a result of the significant growth in consumer demand (Sartika, 2017). Gyms often serve as places where consumers seek information about supplement products and make purchase decisions. The variety of products in the market presents a challenge for consumers in choosing products that align with their needs and preferences. Therefore, a deep understanding of the interaction between social, personal, and product quality factors in the context of a dynamic market competition becomes essential. This research aims to identify whether factors such as social, product quality, and personal factors influence the purchasing decisions of Muscle First creatine supplement products at WWGYM Permata Jingga, Malang. The research was conducted at WWGYM Permata Jingga, Malang, for approximately 2 months. This study involved 52 respondents. Data collection was carried out using offline-distributed Google Forms questionnaires. The research method employed is a quantitative descriptive method utilizing SEM-PLS analysis. The results of this study indicate that social factors, product quality factors, and personal factors have a significant influence on the purchasing decisions of Muscle First Creatine products at WWGYM Permata Jingga, Malang. Respondents feel that in social factors, especially the role of friends and family, play a crucial role in shaping consumer purchasing preferences. In terms of product quality, the highest influencing indicator on purchase decisions is the product's alignment with consumer expectations. Additionally, in the personal factor indicator, the consumer's own lifestyle has a significant impact on the purchase decisions of Muscle First Creatine products.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524040002 |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | agung |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 02:28 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 02:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215279 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Farid Geratama.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |