Analisis Perbandingan Performansi Framework Selenium dan Cypress Dalam Pengujian Otomatisasi Perangkat Lunak Pada Aplikasi Berbasis Website

Syahputra, Andira Mahendra and Muhammad Aminul Akbar, S.Kom., M.T and Aryo Pinandito, S.T., M.MT., Ph.D (2024) Analisis Perbandingan Performansi Framework Selenium dan Cypress Dalam Pengujian Otomatisasi Perangkat Lunak Pada Aplikasi Berbasis Website. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengujian perangkat lunak saat ini menjadi semakin dibutuhkan untuk menjamin kualitas perangkat lunak agar berfungsi sesuai tujuan yang diinginkan. Pada pengembangan aplikasi berbasis website yang kompleks dengan waktu yang singkat, dibutuhkan pengujian otomatisasi perangkat lunak atau biasa disebut automated testing. Dalam mendukung proses pengujian otomatisasi yang efektif dan terstruktur, diperlukannya pemilihan penggunaan framework otomatisasi pengujian perangkat lunak. Ada beberapa framework pengujian otomatisasi untuk aplikasi berbasis website yang banyak digunakan dan penulis memilih dua untuk dibandingkan, yaitu Selenium dengan bahasa pemrograman Java dan Cypress dengan bahasa pemrograman JavaScript. Penelitian ini adalah penelitian analitik non-implementatif dengan metode kuantitatif dan memiliki tujuan untuk menentukan performa dari Selenium dan Cypress berdasarkan waktu pengujian setiap framework. Pengujian dilakukan pada aplikasi portal berita online berbasis website yang dimiliki oleh Times Indonesia. Untuk sementara ini, Times Indonesia juga belum memiliki pekerja di bidang software tester terhadap aplikasi berbsis website-nya. Penelitian ini juga bisa membantu perusahaan untuk penentukan penggunaan framework yang terbaik dari segi waktu pengujiaanya. Penlitian ini dimulai dengan membuat perancangan skenario pengujian, lalu implementasi eksperimen pada kedua framework terhadap objek laman utama Times dan laman Content Management System (CMS) yang dimiliki Times, lalu pengambilan data waktu pengujian setiap skenario pengujian, setelah itu dilakukan analisis dari data yang didapatkan menggunakan uji normalitas dan uji beda, dan yang terakhir diambil kesimpulan dari hasil analisis. Penelitian ini menyimpulkan bahwasannya performa dari framework Cypress lebih baik dari segi waktu pengujian dari pada framework Selenium terhadap website Times Indonesia.

English Abstract

Software testing is becoming increasingly necessary to ensure the quality of software to function as intended. In the development of complex web-based applications with a short time, software automation testing is needed or commonly called automated testing. In supporting an effective and structured automation testing process, it is necessary to choose the use of a software test automation framework. There are several automation testing frameworks for web-based applications that are widely used and the author chose two to compare, namely Selenium with the Java programming language and Cypress with the JavaScript programming language. This research is a non-implementative analytical research with quantitative methods and has the aim of determining the performance of Selenium and Cypress based on the testing time of each framework. The test was conducted on a web-based online news portal application owned by Times Indonesia. For the time being, Times Indonesia also does not have a software tester for its web-based application. This research can also help the company to determine the use of the best framework in terms of testing time. This research begins with designing test scenarios, then implementing experiments on both frameworks on the Times main page object and the Content Management System (CMS) page owned by Times, then taking data on the testing time of each test scenario, after which the data obtained using the normality test and the difference test are analyzed, and finally conclusions are drawn from the analysis results. This study concludes that the performance of the Cypress framework is better in terms of testing time than the Selenium framework on the Times Indonesia website.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150024
Uncontrolled Keywords: Pengujian Perangkat Lunak, Automated Testing, Framework, Selenium, Cypress, Times Indonesia-Software Testing, Automated Testing, Framework, Selenium, Cypress, Times Indonesia.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 Feb 2024 07:02
Last Modified: 15 Feb 2024 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215267
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Andira Mahendra Syahputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item