Anggita M, Marsyanda Rahma and Tri Mega Asri, S.Sos., M.I.Kom. (2023) Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram @kai12_ sebagai Media Informasi tentang Kereta Api. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi masa kini dijadikan tantangan bagi penyedia jasa transportasi. Sarana transportasi harus dapat mengimbanginya agar terus dimanfaatkan oleh penggunanya. PT. Kereta Api Indonesia sebagai jasa transportasi kereta api harus terus mengembangkan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi agar masyarakat dapat mengetahui produk yang ada dan dapat memanfaatkan fasilitas kereta api secara efektif dan efisien. Salah satu bukti kemajuan teknologi yaitu munculnya media informasi yang populer seperti media sosial Instagram. Kehadiran instagram, sangat membantu penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan. Media sosial Instagram adalah media berbagi informasi berupa foto dan video yang disertai teks atau caption. Akun Instagram @kai121_ merupakan salah satu akun yang memanfaatkan instagram sebagai media penyampaian informasi tentang kereta api. Dari uraian diatas penulis tertarik untuk melakukan analisis penggunaan sosial media Instagram @kai121_ sebagai media informasi tentang kereta api menggunakan elemen AIDA (Attention, Interest, Desire , dan Action ). Penulisan ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dengan memberikan kuesioner berupa Google Form kepada responden yang menjadi sampel. Teknik penarikan sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sebanyak 100 responden yang merupakan followers dari akun Instagram @kai121_. Hasil dari penulisan ini mengungkapkan bahwasannya dalam penggunaan sosial media akun Instagram @kai121_ sudah cukup baik untuk memenuhi kebutuhan informasi tentang kereta api namun terdapat dua poin dalam penggunaannya kurang memenuhi teori AIDA yakni pada aspek Attention (Perhatian) dan Action (Tindakan) terhadap pemenuhan kebutuhan informasi tentang kereta api kepada followers nya.
English Abstract
The development of information and communication technology today is a challenge for transportation service providers. Means of transportation must be able to balance it so that it continues to be utilized by its users. PT. Kereta Api Indonesia as a rail transportation service must continue to develop and utilize information and communication technology so that the public can find out about existing products and can utilize train facilities effectively and efficiently. One proof of technological advances is the emergence of popular information media such as social media Instagram. The presence of Instagram is very helpful in conveying information from communicators to communicants. Instagram social media is a medium for sharing information in the form of photos and videos accompanied by text or captions. The Instagram account @kai121_ is an account that uses Instagram as a medium for conveying information about trains. From the description above, the author is interested in analyzing the use of social media Instagram @kai121_ as a medium of information about trains using AIDA elements (Attention, Interest, Desire and Action). This writing uses a quantitative approach method with data collection techniques by giving a questionnaire in the form of a Google Form to the respondents who are the sample. The sampling technique uses the Slovin formula, so that as many as 100 respondents are obtained who are followers of the Instagram account @kai121_. The results of this writing reveal that the use of social media Instagram account @kai121_ is good enough to meet the need for information about trains, but there are two points in its use that do not meet the AIDA Theory, namely the Attention and Action aspects of fulfilling information needs. about trains to his followers.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052317 |
Uncontrolled Keywords: | Teori AIDA, Media Sosial Instagram, Media Informasi |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Unnamed user with username tunjungsari |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 01:16 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 01:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215217 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Marsyanda Rahma Anggita M.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |