Perancangan Video Iklan “Domusica Music School” sebagai Media Promosi pada Platform Media Sosial

Ardiansyah, Malvian Kus and Dimas Fakhruddin, S.ST., M.Ds. (2023) Perancangan Video Iklan “Domusica Music School” sebagai Media Promosi pada Platform Media Sosial. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sekolah musik merupakan tempat di mana seseorang dapat belajar cara memainkan instrumen musik. Di Kota Malang, terdapat sekolah musik Domusica Music School yang lokasinya terletak jauh dari jalan utama dan disayangkan promosi sekolah ini hanya dilakukan melalui mulut ke mulut saja, sehingga tidak banyak masyarakat yang mengetahuinya. Oleh karena itu, salah satu strategi promosi yang efektif adalah melalui media visual yang mengandung unsur gambar dan suara. Dalam pelaksanaannya, penulis menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di Domusica Music School. Dari hasil penelitian tersebut, penulis merancang sebuah upaya promosi untuk memperkenalkan Domusica Music School kepada masyarakat luas melalui media visual digital. Salah satu upayanya adalah dengan membuat video promosi yang dapat disebarluaskan melalui media sosial. Diharapkan dengan adanya video iklan tersebut, masyarakat dapat lebih tertarik untuk mengenal Domusica Music School.Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan oleh Domusica Music School selama ini belum efektif karena hanya dilakukan melalui mulut ke mulut saja. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah karya audio visual berupa media audio visual sebagai bentuk branding dan memperkenalkan Domusica Music School kepada masyarakat khususnya daerah Kota Malang melaui media sosial.

English Abstract

Music school is a place where one can learn how to play a musical instrument. In Malang City, there is the Domusica Music School music school which is located far from the main road and it is a shame that the promotion of this school is only done by word of mouth, so not many people know about it. Therefore, one of the effective promotion strategies is through visual media that contains elements of images and sounds. In its implementation, the authors used qualitative methods with data collection techniques through observation, interviews, and documentation at Domusica Music School. From the results of this research, the authors designed a promotional effort to introduce Domusica Music School to the wider community through digital visual media. One of the efforts is to make a promotional video that can be disseminated via social media. It is hoped that with the video advertisement, the public will be more interested in getting to know Domusica Music School. From the results of this research, it can be concluded that the promotional activities carried out by Domusica Music School have not been effective so far because they are only carried out by word of mouth. Therefore, an audio-visual work is needed in the form of audio-visual media as a form of branding and to introduce Domusica Music School to the public, especially the Malang City area through social media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: Domusica Music School, Video Iklan, Media sosial
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Unnamed user with username tunjungsari
Date Deposited: 01 Feb 2024 01:13
Last Modified: 01 Feb 2024 01:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215215
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MALVIAN KUS ARDIANSYAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item