Chromotherapy: Studi Interior Ruang Kelas pada Anak Pengidap Autism Spectrum Disorder dengan Pendekatan Sensori Visual (Studi Kasus Pusat Layanan Autis Malang

Zulaiha, Laila Salma and Asril Kurniadi, S.T., M.T. (2023) Chromotherapy: Studi Interior Ruang Kelas pada Anak Pengidap Autism Spectrum Disorder dengan Pendekatan Sensori Visual (Studi Kasus Pusat Layanan Autis Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada sekitar tahun 2016-2022, Indonesia memperkirakan terjadinya peningkatan kasus anak autisme sebanyak 140.000 anak pada seluruh wilayah Indonesia. Jika diperhatikan dari data Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2020 lalu, kurang lebih ada sekitar 377 anak autis yang terdata dengan rentang usia 5-15 tahun di Jawa Timur. Sekolah Khusus Autisme yang sudah ada masih belum bisa secara penuh memenuhi kebutuhan anak autisme dari segi fasilitas sarana dan prasarana ruang kelas. Sehingga perlu adanya inovasi dalam memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana ruang kelas anak autisme serta dalam pembuatan konsep desain yang menarik dan sesuai karaktersitik mereka. Fasilitas pada gedung Pusat Layanan Autisme Malang ini harusnya lebih kompleks dibandingkan dengan sekolah umum, karena diperuntukkan bagi anak autisme. Namun, kondisi lahan yang terlalu luas menyebabkan sejumlah ruangan dibiarkan saja dan kurang dimanfaatkan dengan optimal, kemudian penempatan ruang kelas juga masih belum teratur. Dilihat dari desain ruang kelas sekolah sendiri kurang menarik dan kurang terorganisir serta belum disesuaikan dengan karakteristik anak autisme sehingga belum bisa meningkatkan rangsangan minat belajar siswa secara visual dengan baik. Dengan menggunakan konsep Chromotherapy yaitu konsep yang memanfaatkan spektrum warna, nantinya mampu merangsang konektivitas sensori visual pada konsumen pengguna ruangan. Karena pada dasarnya warna memegang peranan penting dalam meningkatkan visual sensori, anak lebih tertarik akan warna jika dibandingkan dengan bentuk. Warna pada interior kelas juga menjadi stimulus tepat yang memberikan pengaruh psikolgi dengan lingkungannya.

English Abstract

Around 2016-2022, Indonesia estimates that there is an increase in cases of children with autism by 140,000 children in all regions of Indonesia. In data from the Ministry of National Education in 2020, there are approximately 377 autistic children recorded with an age range of 5-15 years in East Java. Existing Autism Special Schools are still unable to give completely the needed of children with autism in terms of classroom facilities and infrastructure. So there is a need for innovation to fulfil the needs of classroom facilities and infrastructure for children with autism and in making design concepts that are attractive and according to their characteristics. The facilities in the Malang Autism Center building should be more complex compared to public schools, because they are intended for children with autism. However, the condition of the land being too large has caused a number of rooms to be left empty and not optimally utilized, and the placement of classrooms is also still irregular. Be observed from the design of the classrooms themselves, they are less attractive and less organized and have not been adapted to the characteristics of children with autism, so they have not been able to stimulate students' interest in visual learning approach. By using the Chromotherapy concept, which is a concept that utilizes a color spectrum, it will be able to stimulate visual sensory connectivity for autism children who use the room. Because basically color plays an important role in enhancing sensory visuals, children are more interested in colors than a shapes. The color in the classroom interior is also the right stimulus that has a psychological effect on the environment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: Ruang Kelas, Warna, Sensori Visual
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Unnamed user with username tunjungsari
Date Deposited: 31 Jan 2024 08:31
Last Modified: 31 Jan 2024 08:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215201
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Laila Salma Zulaiha.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (21MB)

Actions (login required)

View Item View Item