Rizal Fanani, Ferry and Kristanto Adi Nugroho, S.T., M.T and Dimas Fakhruddin, S.T., M.Ds. (2023) Perancangan Desain Karakter Animasi ”Yuda” Dengan Menggunakan Style Kartun. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Karakter atau tokoh pada sebuah animasi merupakan salah satu unsur utama dalam membawa jalan cerita dan pesan yang disampaikan. Perancangan karakter dalam serial animasi “YUDA” film animasi tiga dimensi untuk kalangan anak-anak di Indonesia. Film animasi ini mengangkat kisah mitos jawa sebagai media pembelajaran dalam proses kegiatan pembelajaran bagaimana cara mengenal lingkungan sekitar supaya menjadi contoh dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Untuk mendukung konsep cerita, pengadaptasian desain karakter akan terbagi menjadi dua yaitu mengadaptasi warga di Indonesia sebagai karakter utama dan sekuder, dengan tujuan mengenalkan keanekaragaman penduduk indonesia. Keseluruhan animasi ini akan dibangun sesuai untuk anak usia sekitar 6-8 tahun, sehingga akan dibawakan secara ringan, tidak mengandung kekerasan yang berat, mudah dipahami dan aman untuk dikonsumsi dengan cerita yang menghibur. Perancangan ini fokus pada metode studi eksperimental. Setiap bagian mempunyai metode tersendiri dalam menyusun referensi untuk desain karakter. Pengumpulan data riset terbagi menjadi, kualitatif dengan pencarian sumber data statistik responden target audien, data primer berupa literatur-literatur ilmiah dan melakukan depth interview, serta studi literatur dan teori-teori terkait. Hasil dari perancangan ini adalah 3 karakter terdiri dari 1 tokoh utama , 1 tokoh sekunder dan 1 tokoh antagonis dengan berbagai ekspresi dan gesture yang diharapkan mewakili ciri karakteristik.
English Abstract
Character or character in an animation is one of the main elements in bringing the storyline and the message conveyed.Character design in the animated series "YUDA" a three-dimensional animated film for children in Indonesia.This animated film raises the story of Javanese myths as a medium of learning in the process of learning activities how to recognize the surrounding environment so that it becomes an example in the behavior of everyday life. To support the concept of the story, the adaptation of character designs will be divided into two, namely adapting citizens in Indonesia as the main and secondary characters, with the aim of introducing the diversity of the Indonesian population. The whole animation will be built according to children aged around 6-8 years, so that it will be delivered lightly, does not contain heavy violence,is easy to understand and safe for consumption with an entertaining story. This design focuses on experimental study methods. Each section has its own method of compiling references for character designs. The collection of research data is divided into qualitative by searching for sources of statistical data for target audience respondents, primary data in the form of scientific literature and conducting in-depth interviews, as well as literature studies and related theories. The results of this design are 3 characters consisting of 1 main character, 1 secondary character and 1 antagonist character with various expressions and gestures that are expected to represent characteristics
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052317 |
Uncontrolled Keywords: | pembuatan karakter 2D, analisis warna karakter 2D, film animasi, kartunis, animated film, cartoonist, color analysis for 2D character, making 2D character |
Divisions: | Program Vokasi > D4 Desain Grafis |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 01:17 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 01:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215176 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ferry Rizal Fanani.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |