Rancang Bangun Fitur Gamification Pada Aplikasi Simpeldesa Berbasis Android Menggunakan Java Kotlin (Studi Kasus: PT Telkom Indonesia)

Fahmi, Luky and Salnan Ratih Asriningtias, ST., MT (2023) Rancang Bangun Fitur Gamification Pada Aplikasi Simpeldesa Berbasis Android Menggunakan Java Kotlin (Studi Kasus: PT Telkom Indonesia). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fitur Gamifikasi pada Aplikasi Simpeldesa berbasis Android dirancang untuk menarik atensi warga untuk menggunakan aplikasi Simpeldesa dan meningkatkan jumlah transaksi pada aplikasi. Fitur yang beragam mulai dari memainkan misi untuk mendapatkan poin yang bisa ditukarkan voucher untuk pembayaran PPOB. Dengan adanya fitur tersebut diharapkan pengguna lebih tertarik untuk menggunakan aplikasi Simpeldesa untuk kebutuhan administrasi desa. Dengan teknologi Kotlin dengan mudah menyiapkan dan mengontrol proyek Kotlin yang menargetkan di satu tempat mencakup fungsionalitas penting seperti mengontrol bundling aplikasi, menambahkan dependensi langsung dari npm. Dalam perancangan tampilan fitur Gamifikasi pada aplikasi Simpeldesa berbasis Android menggunakan model pemrograman reaktif dan imperatif untuk membangun frontend, Spring Boot, kerangka kerja mengintegrasikannya dengan server-side applications sehingga aplikasi terkesan ringan cepat. Perancangan fitur aplikasi ini melibatkan pengguna dari pihak Smart Village Nusantara dan warga desa mulai dari pendataan kebutuhan yang diperlukan, pembuatan user flow atau alur penggunaan fitur aplikasi bagi setiap user seperti pengguna dan admin. Data didapatkan melalui wawancara dengan pihak terkait atas perancangan aplikasi ini. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan solusi lebih efektif dan efisien dalam menarik minat pengguna untuk menggunakan aplikasi Simpeldesa kedepannya.

English Abstract

The Gamification feature on the Android-based Simpeldesa Application is designed to attract citizens' attention to using the Simpeldesa application and increase the number of transactions on the application. Various features start from playing missions to getting points which can be exchanged for vouchers for PPOB payments. With this feature, it is hoped that users will be more interested in using the Simpeldesa application for village administration needs. With Kotlin technology easily setup and control targeted Kotlin projects in one place including important functionality like controlling application bundling and adding dependencies directly from npm. In designing the appearance of the Gamification features in the Android-based Simpeldesa application, we used a reactive and imperative programming model to build the frontend, Spring Boot, and a framework to integrate it with server-side applications so that the application seemed light and fast. The design of this application feature involves users from Smart Village Nusantara and village residents starting from collecting data on the required needs, creating user flow, or the flow of using application features for each user such as users and admins. Data was obtained through interviews with parties related to the design of this application. It is hoped that this research can provide a more effective and efficient solution in attracting users' interest in using the Simpeldesa application in the future.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170248
Uncontrolled Keywords: Gamifikasi, Simpeldesa, Kotlin, Android, fronted, SpringBoot, server-side, applications-Gamifikasi, Simpeldesa, Kotlin, Android, fronted, SpringBoot, server-side, applications.
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:00
Last Modified: 12 Feb 2024 08:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215166
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Luky Fahmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item