Pengaruh Media Prototipe Permainan Clever Card Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SDN Merjosari 3 Malang

Kamila, Khairani and Dr. drg. Ranny Rachmawati, Sp. Perio. (2023) Pengaruh Media Prototipe Permainan Clever Card Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SDN Merjosari 3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemilihan metode dan media edukasi sangat menentukan keberhasilan edukasi yang diberikan, terutama bagi anak usia sekolah dasar. Permainan edukatif merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan karena dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus membantu anak dalam mengembangkan dirinya dan melatih kemampuan berpikirnya. Untuk itu, prototipe permainan Clever Card (Clev-C) dibuat oleh peneliti dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak usia sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media prototipe permainan Clever Card (Clev-C) terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa SDN Merjosari 3 Malang. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental menggunakan metode penelitian one group pre-test post-test. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 53 siswa. Variabel yang diteliti adalah pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa yang diukur menggunakan kuesioner. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media prototipe permainan Clever Card (Clev-C) terhadap pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa SDN Merjosari 3 Malang dengan nilai signifikansi <0,001. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana, media prototipe permainan Clever Card (Clev-C) ini mampu meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa sebesar 46,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media prototipe permainan Clever Card (Clev-C) mampu meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa SDN Merjosari 3 Malang dengan peningkatan sebesar 46,6%.

English Abstract

The choice of educational methods and media determines the success of education, especially for school-age children. Educational game is effective method for increasing knowledge because it can provide fun learning experience and also helping children develop themselves and thinking skills. For this reason, the Clever Card (Clev-C) game prototype was created by researcher with the hope can increase the dental and oral health knowledge of school-age children. The aim of this study is to determine the effect of the Clever Card (Clev-C) game prototype media on the dental and oral health knowledge in students at SDN Merjosari 3 Malang. The type of this study is pre-experimental with one group pre-test post-test method. The sampling technique is purposive sampling. The sample is 53 students. The variable of this study is students' dental and oral health knowledge as measured by questionnaire. The results of the Wilcoxon test show that there is there is the effect of the Clever Card (Clev-C) game prototype media on the dental and oral health knowledge in students at SDN Merjosari 3 Malang with a significance value of <0.001. Based on simple linear regression analysis, the Clever Card (Clev-C) game prototype media can increase students' dental and oral health knowledge by 46.5%. The conclusion of this study is the Clever Card (Clev-C) game prototype media can increase the dental and oral health knowledge in students at SDN Merjosari 3 Malang by 46,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523140016
Uncontrolled Keywords: Clever Card (Clev-C), kesehatan gigi dan mulut, pengetahuan, usia sekolah dasar-Clever Card (Clev-C), dental and oral health, knowledge, school-age children
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:58
Last Modified: 12 Feb 2024 07:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215165
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Khairani Kamila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item