NAJIB ZAKIYAH, FARITA and Budi Fajar Supriyanto, S.Kom, M.Kom (2023) Analisis Perbandingan Kuantitas Interaksi Google Ads dan Instagram Ads pada Usaha Kuliner Rumah Suki Pasuruan. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Google dan Instagram merupakan media yang dapat digunakan untuk melakukan strategi promosi digital, baik strategi gratis, maupun berbayar (iklan). Salah satu usaha yang menggunakan Google dan Instagram untuk menjalankan promosinya adalah Rumah Suki Pasuruan. Dalam beberapa bulan terakhir, jumlah interaksi audiens pada kedua akun Rumah Suki sangat tidak diharapkan oleh pemilik usaha. Hal tersebut menjadikan penulis ingin bergerak untuk mengatasi permasalahan yang dialami pemilik usaha. Solusi yang akan dilakukan penulis adalah dengan beriklan. Adapun iklan yang akan dijalankan ini merupakan iklan pertama yang akan dijalankan di akun Google Profil Bisnis dan Instagram Rumah Suki. Adanya persoalan tersebut menjadikan pemilik usaha ingin membuktikan perbedaan performa hasil interaksi audiens di kedua platform beriklan Google Ads dan Instagram Ads. Terlebih, pemilik usaha ingin mengetahui, platform manakah yang bisa mendapatkan interaksi yang lebih tinggi, namun dengan biaya yang lebih rendah. Oleh karena itu, dalam tugas akhir ini akan dilakukan eksperimen dan analisis terhadap data hasil iklan Google dan Instagram Ads. Masing-masing iklan dijalankan selama 5 hari dengan anggaran biaya Rp20.000 per hari dan target audiens diatur hanya fokus pada audiens yang berlokasi di Kota Pasuruan. Kemudian, data yang diakuisisi adalah jumlah keseluruhan klik dan rata-rata biaya per klik selama periode iklan berjalan. Dari pengamatan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Google Ads mendapatkan total klik sebanyak 321. Sedangkan, Instagram Ads mendapatkan sebanyak 127. Untuk rata-rata biaya per klik, Google Ads menghabiskan biaya iklan sebanyak Rp353 per kliknya. Sedangkan, Instagram Ads menghabiskan biaya sebanyak Rp928 per kliknya. (2) Perbandingan hasil klik Google Ads dan Instagram Ads adalah 321 : 127. Sedangkan, perbandingan rata-rata biaya per klik Google Ads dan Instagram Ads adalah Rp353 : Rp928. Adapun pertimbangan rekomendasi platform iklan pada tugas akhir ini terbatas pada pertimbangan jumlah interaksi dan biaya iklan per klik. Sehingga, diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan analisis ini dengan mempertimbangkan saran referensi platform iklan berdasarkan poin-poin lain, seperti hasil interaksi chat atau pembelian. Hal tersebut bertujuan agar pemula yang ingin beriklan bisa mendapat informasi yang lebih seputar referensi platform promosi berbayar atau iklan.
English Abstract
Google and Instagram are media that can be used to carry out digital promotion strategies, both free and paid (advertising) strategies. One of the businesses that uses Google and Instagram to run their promotions is Rumah Suki Pasuruan. In the last few months, the number of audience interactions on the two Rumah Suki accounts was not expected by business owners. This makes the author want to move to overcome the problems experienced by business owners. The solution that the author will do is to advertise. The ad that will run is the first ad that will run on the Google Business Profile and Instagram Rumah Suki accounts. The existence of this problem makes business owners want to prove the difference in the performance of audience interaction results on the two Google Ads and Instagram Ads advertising platforms. What's more, business owners want to know which platforms can get higher engagement, but at a lower cost. Therefore, in this final project, experiments and analysis will be carried out on data from Google Ads and Instagram Ads results. Each ad was run for 5 days with a budget of Rp 20,000 per day and the target audience was set to only focus on audiences located in Pasuruan City. Then, the data acquired is the total number of clicks and the average cost per click during the advertising period. From observations, the following results were obtained: (1) Google Ads got a total of 321 clicks. Meanwhile, Instagram Ads got as many as 127. For the average cost per click, Google Ads spent an advertising cost of IDR 353 per click. Meanwhile, Instagram Ads costs Rp. 928 per click. (2) The comparison of the results of Google Ads and Instagram Ads clicks is 321 : 127. Meanwhile, the comparison of the average cost per click of Google Ads and Instagram Ads is IDR 353 : IDR 928. The considerations for ad platform recommendations in this final project are limited to considerations of the number of interactions and advertising costs per click. So, it is hoped that further researchers can develop this analysis by considering ad platform reference suggestions based on other points, such as the results of chat interactions or purchases. This is intended so that beginners who want to advertise can get more information about references to paid promotion platforms or advertisements.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052317 |
Uncontrolled Keywords: | Google, Instagram, Iklan, Interaksi Klik, Rata-Rata Biaya per Klik, Google, Instagram, Ads, Click Engagement, Average Cost per Click (CPC) |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 02:15 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 02:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215160 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Farita Najib Zakiyah.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |