Perbedaan Persepsi Mahasiswa terhadap Program Refleksi Diri dalam Menunjang Pembelajaran Skills Lab Radiologi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya

Daniswara, Kamilah Rahajeng and drg. Astika Swastirani, M.Si (2023) Perbedaan Persepsi Mahasiswa terhadap Program Refleksi Diri dalam Menunjang Pembelajaran Skills Lab Radiologi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan survei pra-penelitian yang dilakukan pada bulan Januari 2023 dengan 53 responen yang merupakan mahasiswa FKG UB angkatan 2020 dan 2021 sebanyak 39,6% mahasiswa mengatakan belum mampu menganalisis kesalahan-kesalahan pada setiap topik skills lab yang telah mereka lakukan, hal ini menjadi alasan bahwa sebanyak 52,8% dari hasil survei menyatakan tingkat kesulitan skills lab RKG berada dalam kategori sulit. Refleksi mengajarkan mahasiswa untuk dapat belajar dari kesalahan sehingga tercipta sebuah pembelajaran yang dapat bertahan sepanjang usia. Refleksi diri mampu mengubah cara berpikir mahasiswa melalui pengamatan menyeluruh terhadap interaksi dan proses berpikir juga dapat meningkatkan pemahaman situasi. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa terhadap program refleksi diri yang diterima oleh mahasiswa angkatan 2021 FKG UB dan menganalisis perbedaan antara persepsi mahasiswa sebelum dan sesudah mengikuti program refleksi diri yang diberikan selama pembelajaran skills lab radiologi blok 8 berlangsung dengan pendekatan one group pre-test post-test design. Sampel penelitian meliputi seluruh mahasiswa blok 8 FKG UB angkatan 2021 sebanyak 163 orang. Penelitian dimulai dengan pembagian dan pengisian kuesioner mengenai persepsi mahasiswa terhadap program refleksi diri yang diberikan yang mencakup lima indikator, kuesioner ini diberikan saat sebelum program ini dimulai dan setelah program ini selesai. Penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon untuk menganalisis perbedaan persepsi mahasiswa pada sebelum dan setelah program ini dilaksanakan. Hasil uji menyatakan bahwa didapatkan nilai signifikan p <0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terkait persepsi mahasiswa terhadap program refleksi diri dalam menunjang pembelajaran skills lab radiologi kedokteran gigi antara sebelum program refleksi diri dimulai dan setelah program ini selesai.

English Abstract

Based on a pre-research survey conducted in January 2023 with 53 respondents who were FKG UB students class of 2020 and 2021, 39.6% of students said they had not been able to analyze errors in each skills lab topic they had done, this was the reason that as many as 52.8% of the survey results stated that the level of difficulty of the RKG lab skills was in the difficult category. Reflection teaches students to be able to learn from mistakes so as to create learning that can last throughout life. Self-reflection is able to change students' way of thinking through thorough observation of interactions and thought processes and can also increase understanding of situations. The aim of this research is to identify student perceptions of the self-reflection program received by the class of 2021 FKG UB students and to analyze the differences between student perceptions before and after participating in the self-reflection program given during block 8 radiology lab skills learning taking place using a one group pre-test post approach -test design. The research sample included all 163 students from block 8 of FKG UB class of 2021. The research began by distributing and filling out questionnaires regarding student perceptions of the self-reflection program provided which included five indicators. This questionnaire was given before the program started and after the program was completed. This research uses the Wilcoxon test to analyze differences in student perceptions before and after this program was implemented. The test results stated that a significant value of p <0.05 was obtained, which means there was a significant difference regarding students' perceptions of the self-reflection program in supporting the learning of dental radiology lab skills between before the self-reflection program started and after the program was completed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523140015
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Refleksi Diri, Radiologi Kedokteran Gigi-Perception, Self-Reflection, Dental Radiology.
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Kedokteran Gigi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Feb 2024 06:46
Last Modified: 12 Feb 2024 06:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215153
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kamilah Rahajeng Daniswara.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item