Inovasi Fast Check-in Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Grand Zuri Jababeka Hotel Cikarang

Rijal, Faqihuddin and Erlangga Setyawan, SP., MM (2023) Inovasi Fast Check-in Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Grand Zuri Jababeka Hotel Cikarang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inovasi merupakan suatu perubahan pengetahuan yang sudah ada atau pengetahuan yang baru menjadi produk yang baru atau mengubah produk, proses, dan pelayanan yang tujuannya untuk membuat nilai yang baru untuk tamu. Kualitas pelayanan yang baik adalah sesuatu hal yang diharapkan oleh setiap tamu. Untuk dapat mempertahankan kualitas ditengah persaingan yang ketat di dunia perhotelan, maka berbagai upaya dilakukan untuk bisa bertahan dalam persaingan yang semakin ketat, seperti menambah fasilitas penunjang hotel, serta meningkatkan kualitas pelayanan setiap staff dimulai dari departemen Front Office, Housekeeping, dan F&B. Pelayanan yang baik dan memuaskan dari setiap hotel, akan menambah pendapatan hotel itu sendiri. Inovasi fast check-in sangat berpengaruh penting dalam keberhasilan suatu hotel dikarenakan dalam inovasi fast check-in mampu meningkatkan kuslitas pelayanan terhadap tamu serta minat tamu untuk datang Kembali ke hotel. Teknik pengumpulan daya merupakan langkah utama dalam penelitian dikarenakan tujuan dari penelitian adalah mendapatkan data, yang menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi, snowball sampling. Hasil Analisa dari penelitian ini adalah inovasi fast check-in memberikan peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada tamu hotel agar mampu menghasilkan kepuasan tamu sehingga tamu akan datang Kembali. Inovasi Fast Check-in di Grand Zuri Jababeka Hotel Cikarang sudah memberikan kualitas pelayanan yang baik, tepat, dan optimal. Staff Guest Front Office juga sudah melakukan pekerjaan sesuai dengan ketentuan kualitas pelayanan 5 dimensi yang meliputi realibility, assurance, empathy, tangibles, dan responsiveness.

English Abstract

Innovation is a change in existing knowledge or new knowledge into new products or changing products, processes and services with the aim of creating new value for guests. Good quality service is something that every guest hopes for. To be able to maintain quality amidst intense competition in the hotel world, various efforts have been made to survive in increasingly fierce competition, such as adding hotel supporting facilities, as well as improving the quality of service for each staff starting from the Front Office, Housekeeping and F&B departments. Good and satisfying service from each hotel will increase the hotel's own income. Fast check-in innovation has a very important influence on the success of a hotel because fast check-in innovation can improve the quality of service to guests and guests' interest in coming back to the hotel. The power collection technique is the main step in the research because the aim of the research is to obtain data, which uses observation, interviews, documentation, triangulation, snowball sampling. The results of the analysis of this research are that the fast checkin innovation provides a very important role in improving the quality of service to hotel guests so that able to produce guest satisfaction so that guests will come back. The Fast Check-in innovation at Grand Zuri Jababeka Hotel Cikarang has provided good, precise and optimal service quality. Front Office Guest Staff have also carried out work in accordance with the 5 dimensions of service quality which include reliability, assurance, empathy, tangibles and responsiveness.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Fast check-in, Meningkatkan Kualitas Pelayanan, Innovation, Fast check in, Improving Service Quality
Divisions: Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:14
Last Modified: 01 Feb 2024 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215126
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Faqihuddin Rijal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item