Nuraini, Kamila Dewi and Galih Panji Hardiko, S.TP., M.T (2023) Pemanfaatan Tiktok Ads sebagai Upaya Meningkatkan Jangkauan Pada Akun @kelanabag. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam era Revolusi Industri 4.0, terjadi transformasi yang bertujuan meningkatkan efisiensi dengan menyatukan antara dunia online dan lini produksi di industri. Dalam konteks ini, media sosial menjadi salah satu sarana penting untuk mencapai perbaikan tersebut. Pemanfaatan media sosial memiliki dampak besar dalam dunia bisnis, khususnya dalam kegiatan pemasaran untuk meningkatkan jangkauan akun. Salah satu media sosial yang efektif untuk digunakan dalam hal ini adalah Tiktok, terutama dengan adanya fitur Tiktok Ads yang mempermudah para pelaku usaha dalam mengelola iklan untuk meningkatkan jangkauan aku. Kelanabag menjadi salah satu pelaku usaha yang memanfaatkan media sosial Tiktok untuk memperkuat jangkauan akun melalui Tiktok Ads. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan dalam pemanfaatan Tiktok Ads sebagai upaya meningkatkan jangkauan pada akun @kelanabag. Iklan dengan target lebih banyak pengikut merupakan upaya yang dilakukan pihak Kelanabag untuk meningkatkan jangkauan akun. Iklan dijalankan selama 10 hari dengan konten yang beragam. Data yang diambil melalui Tiktok Analytics untuk penelitian ini meliputi jumlah pengikut, demografis pengikut, tayangan video, dan tampilan profil. Dari hasil yang didapat, terjadi peningkatan yang signifikan dari indikator data sehingga hal ini membuktikan bahwa pemanfaatan Tiktok Ads sangat efektif digunakan untuk meningkatkan jangkauan akun. Dalam penelitian ini target iklan yang digunakan hanya lebih banyak pengikut sehingga untuk kedepannya pihak Kelanabag dapat menjalankan iklan dengan target yang lebih beragam untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat digunakan tidak hanya untuk Kelanabag tetapi juga dapat diterapkan pada pelaku usaha lain.
English Abstract
In the era of the Industrial Revolution 4.0, there was a transformation aimed at increasing efficiency by uniting the online world and production lines in the industry. In this context, social media is an important tool to achieve this improvement. The use of social media has a big impact in the business world, especially in marketing activities to increase account reach. One effective social media to use in this regard is Tiktok, especially with the Tiktok Ads feature which makes it easier for businesses to manage advertisements to increase my reach. Kelanabag is one of the business actors that utilizes Tiktok social media to strengthen account reach through Tiktok Ads. This study aims to determine the success of using Tiktok Ads as an effort to increase reach on the @kelanabag account. Advertisements with the target of more followers are an effort made by Kelanabag to increase account reach. Ads run for 10 days with varying content. The data collected through Tiktok Analytics for this research includes the number of followers, follower demographics, video views, and profile views. From the results obtained, there has been a significant increase in data indicators so this proves that the use of Tiktok Ads is very effective in increasing account reach. In this study, the ad targets used were only more followers so that in the future Kelanabag can run ads with more diverse targets to get more optimal results. The results of the research conducted can be used not only for Kelanabag but can also be applied to other business actors.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052317 |
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Tiktok, Tiktok Ads |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Unnamed user with username tunjungsari |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 06:42 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 06:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215117 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kamila Dewi Nuraini.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |