Peran BAZNAS Indonesia Dalam Upaya Mendukung Program SDGs (Study Case : Poin 1 No Poverty dan 4 Quality Education di Indonesia)

Hasibuan, Riyadi and Dwi Retno Widiyanti, SE.I., M.Sc (2023) Peran BAZNAS Indonesia Dalam Upaya Mendukung Program SDGs (Study Case : Poin 1 No Poverty dan 4 Quality Education di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam mendukung Agenda Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia yakni poin 1 tanpa kemiskinan dan poin 4 pendidikan yang berkualitas melalui program unggulan yang dimiliki oleh BAZNAS. Metode Penelitian ini adalah penelitian kualitatif pendekatan literatur secara sistematis menggunakan PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analysis). Sumber bacaan yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari jurnal, buku, kitab, majalah, surat kabar, website terpercaya, dan catatan lainnya yang memiliki relevansi dengan permasalahan yang akan dibahas. Pada hasil penelitian dari artikel yang dianalisis menunjukkan bahwa terdapat program yang dimiliki oleh BAZNAS, dalam permasalahan SDGs poin 1 yakni tanpa kemiskinan terdapat program pemberdayaan mustahik dan untuk permasalahan poin 4 yaitu pendidikan berkualitas terdapat program Beasiswa Cendekia serta Sekolah Cendekia. Program-program yang ada menunjukkan bahwasanya BAZNAS memiliki kontribusi terhadap penyelesaian permasalahan kemiskinan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia yang mana hal ini sejalan dengan program SDGs poin 1 dan 4. Namun beberapa artikel juga menyebutkan bahwa peran BAZNAS dalam mencapai tujuan SDGs belum sepenuhnya tercapai, perlu ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan dan kerjasama yang baik antara BAZNAS, pemerintah dan masyarakat.

English Abstract

The aim of this research is to find out the role of the National Zakat Amil Agency (BAZNAS) in supporting the Sustainable Development Goals (SDGs) Agenda in Indonesia, namely point 1 without poverty and point 4 quality education through superior programs owned by BAZNAS. This research method is qualitative research with a systematic literature approach using PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analysis). The reading sources used in this research were obtained from journals, books, books, magazines, newspapers, trusted websites, and other records that are relevant to the problems to be discussed. The research results from the articles analyzed show that there are programs owned by BAZNAS, in the SDGs problem point 1, namely without poverty, there is a mustahik empowerment program and for problem point 4, namely quality education, there is the Beasiswa Cendekia and Sekolah Cendekia programs. The existing programs show that BAZNAS has contributed to solving the problem of poverty and improving the quality of education in Indonesia, which is in line with the SDGs program points 1 and 4. However, several articles also state that the role of BAZNAS in achieving the SDGs goals has not been fully achieved, it is necessary there are several things that need to be improved and good cooperation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523020753
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : BAZNAS, Zakat, SDGs, Kemiskinan, Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Feb 2024 05:27
Last Modified: 02 Feb 2024 05:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215086
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Riyadi Hasibuan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item