Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Branding Calon Presiden 2024: Studi Kasus Universitas Brawijaya dan Universitas Katolik Atma Jaya

Linardo, Natania Primavera and Ahmad Hasan Ubaid, S.IP., M.IP (2023) Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Branding Calon Presiden 2024: Studi Kasus Universitas Brawijaya dan Universitas Katolik Atma Jaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menyajikan pembahasan mengenai media sosial yang dapat digunakan sebagai media branding bagi calon presiden 2024. Dilatarbelakangi dengan data yang dimiliki oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), diperkirakan pada pemilihan Pemilu 2024 akan didominasi oleh pemilih muda dengan jumlah pemilih muda mencapai 107 hingga 108 Juta atau setara dengan 53% hingga 55% dari total keseluruhan pemilih 2024. Melihat tingginya tingkat pemilih muda dalam pemilu 2024, calon presiden 2024 perlu menyesuaikan branding politik yang dilakukannya agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Branding politik calon presiden menjadi penting dilakukan melalui media sosial, hal ini dikarenakan media sosial sebagai salah satu media yang digunakan oleh pemilih muda. Hal tersebut menjadikan media sosial menjadi media yang efektif digunakan sebagai media branding politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisis regresi linear sederhana. Variabel di dalam penelitian adalah branding media sosial sebagai variabel (X) dan orientasi pemilih sebagai variabel (Y). Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada mahasiswa/i Universitas Brawijaya dan Universitas Katolik Atma Jaya sebagai bagian dari studi kasus. Sampel dipilih dengan menggunakan rumus Slovin dengan teknik Non-probability sampling sejumlah 100 responden. Dari penelitian ini didapatkan angka 0,873 (87,3%) yang menunjukan variabel independen (branding media sosial) mempengaruhi variabel dependen (orientasi pemilih), sedangkan 12,7% yang merupakan bagian dari variabel lainnya tidak termasuk di dalam penelitian ini. Hasil pada penelitian ini menemukan adanya hubungan signifikan antara branding politik melalui media sosial dengan orientasi pemilih muda yang menghadirkan tingkat kefektifan di dalam penggunaan media sosial sebagai media branding politik bagi calon presiden 2024. Tingkat efektivitas dalam branding dipengaruhi akan faktor-faktor baik individu ataupun lingkungan sekitar yang dapat memberikan pengaruh terhadap orientasi pemilih.

English Abstract

This research presents a discussion of social media which can be used as branding media for 2024 presidential candidates. Based on data held by the General Election Commission (KPU), it is estimated that the 2024 election will be dominated by young voters with the number of young voters reaching 107 to 108 million or equivalent to 53% to 55% of the total 2024 voters. Seeing the high level of young voters in the 2024 election, 2024 presidential candidates need to adjust their political branding in order to achieve maximum results. Political branding of presidential candidates is important through social media, this is because social media is one of the media used by young voters. This makes social media an effective medium to use as a political branding medium. This research uses a quantitative approach, with simple linear regression analysis. The variables in the research are social media branding as a variable (X) and voter orientation as a variable (Y). The research was conducted by distributing questionnaires to students at Brawijaya University and Atma Jaya Catholic University as part of a case study. The sample was selected using the Slovin formula with a non-probability sampling technique of 100 respondents. From this research, a figure of 0.873 (87.3%) was obtained which shows that the independent variable (social media branding) influences the dependent variable (voter orientation), while 12.7% which is part of other variables is not included in this research. The results of this study found a significant relationship between political branding through social media and the orientation of young voters which provides a level of effectiveness in the use of social media as a political branding medium for 2024 presidential candidates. The level of effectiveness in branding is influenced by factors both individual and the surrounding environment. which can have an influence on voter orientation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pemilih, Branding Politik, Media Sosial, Pemilu
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:22
Last Modified: 02 Feb 2024 06:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215080
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Natania Primavera Linardo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item