Syarif, Ilham Miftahul Najib Al and Wuri Cahya Handaru, S.ST., M.Ds. (2023) Perancangan Desain UI Aplikasi Mobile (Blekok Harmoni) sebagai Media Informasi Keanekaragaman Hayati pada Ekowisata Kampung Blekok dengan Metode Design Thinking. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Banyaknya keanekaragaman hayati berupa hewan dan tumbuhan pada ekowisata Kampung Blekok Situbondo, tidak berimbang dengan akses informasi berupa media yang mudah dijangkau oleh pengunjung ekowisata tersebut. Pemilihan media informasi berupa aplikasi merupakan solusi yang tepat atas permasalahan tersebut karena praktis digunakan dengan cukup sekali install langsung bisa mengaksesnya tanpa harus online seperti website. Tujuan penelitian adalah untuk menampilkan informasi tentang keanekaragaman hayati pada ekowisata tersebut melalui media informasi berupa perancangan desain UI aplikasi bernama Blekok Harmoni. Metode yang peneliti pakai dalam perancangan ini menggunakan metode Design Thinking yang berisi lima tahapan yaitu, Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Pada metode ini, pengumpulan datanya menggunakan mix methods yaitu kualitatif berupa observasi lokasi dan perilaku pengunjung yang dilakukan pada tahap Empathize; selain itu, juga melakukan wawancara kepada pengunjung dan pengelola pada tahap Define. Sedangkan untuk kuantitatif berupa kuesioner dengan skala likert lima poin yang dilakukan pada tahap Test. Pada tahap Test, peneliti akan menganalisa hasil kuesioner tersebut dengan teknik perhitungan bernama System Usability Scale (SUS) yang berguna untuk mengetahui skor akhir dari perancangannya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah desain aplikasi yang telah dirancang, layak digunakan atau tidak oleh pengunjung ekowisata Kampung Blekok.
English Abstract
The amount of biodiversity in the form of animals and plants in the ecotourism of Kampung Blekok Situbondo, is not balanced with access to information in the form of media that is easily accessible to visitors to the ecotourism. The selection of information media in the form of applications is the right solution to these problems because it is practical to use with just one install, you can immediately access it without having to go online like a website. The purpose of the research is to display information about biodiversity in the ecotourism through information media in the form of an application UI design called Blekok Harmoni. The method that researchers use in this design uses the Design Thinking method which contains five stages, namely, Empathize, Define, Ideate, Prototype, and Test. In this method, the data collection uses mix methods, namely qualitative in the form of location observation and visitor behaviour carried out at the Empathize stage; in addition, it also conducts interviews with visitors and managers at the Define stage. As for quantitative in the form of a questionnaire with a five-point Likert scale conducted at the Test stage. At the Test stage, researchers will analyse the results of the questionnaire with a calculation technique called the System Usability Scale (SUS) which is useful for knowing the final score of the design. This aims to find out whether the application design that has been designed is feasible to use or not by visitors to the Kampung Blekok ecotourism.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052317 |
Uncontrolled Keywords: | User Interface, Aplikasi Mobile, Ekowisata, Kampung Blekok |
Divisions: | Program Vokasi > D4 Desain Grafis |
Depositing User: | Unnamed user with username tunjungsari |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 03:15 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 03:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/215019 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ilham Miftahul Najib Al Syarif.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (8MB) |
Actions (login required)
View Item |