Perancangan Buku Pop-Up Edukatif “Doa Harian Andi” Sebagai Media Pembelajaran Menghafal Anak Usia 4-6 Tahun

Atho'ulloh, Renaldy Afif and Wuri Cahya Handaru, S.ST., M.Ds (2023) Perancangan Buku Pop-Up Edukatif “Doa Harian Andi” Sebagai Media Pembelajaran Menghafal Anak Usia 4-6 Tahun. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan anak dalam belajar menghafal doa sehari-hari, serta melatih sistem motorik anak. Mengajarkan tentang doa sehari-hari juga dapat mengatasi dampak dari degradasi moral pada anak-anak. Berdasarkan observasi yang dilakukan di RA Muslimat Al Khodijah Keboireng, masih ada anak yang belum hafal ataupun belum menerapkan doa sehari-hari dalam setiap aktivitas. Hal tersebut dikarenakan minimnya media pembelajaran yang digunakan dalam mengajarkan doa sehari-hari. Penulis tertarik untuk membuat media pembelajaran buku bergambar yang memiliki daya tarik pop-up karena media tersebut merupakan media yang banyak digemari oleh anak usia dini sehingga anak menjadi tidak mudah bosan dalam menghafal doa seharihari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat analisis. Pada penelitian ini juga menggunakan pendekatan psikologis yaitu pendekatan untuk mengenal dan melihat manusia secara mendalam melalui psikologis. Pendekatan psikologis dalam penelitian ini berguna untuk memahami tentang kebutuhan anak dari segi psikologis yang kemudian dijadikan sebagai bahan penyusun buku pop-up edukatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik Analisa data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi datam penampilan data, dan kesimpulan. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk menghasilkan buku pop-up edukatif yang berfungsi sebagai alat pembelajaran mengenai doa sehari-hari.

English Abstract

This study aims to make it easier for children to learn to memorize daily prayers, as well as train children's motor systems. Teaching about daily prayer can also overcome the impact of moral degradation on children. Based on observations made at RA Muslimat Al Khodijah Keboireng, there are still children who have not memorized or have not applied daily prayers in every activity. This is due to the lack of learning media used in teaching daily prayer. The author is interested in making picture book learning media that has pop-up appeal because the media is a media that is much favored by early childhood so that children become less easily bored in memorizing daily prayers. The research method used is a qualitative method that is analytical. This study also uses a psychological approach, namely an approach to know and see humans deeply through psychology. The psychological approach in this study is useful for understanding the needs of children from a psychological perspective which is then used as material for compiling educational popup books. The data collection methods used in this study were observation and interviews. Data analysis techniques are carried out by collecting data, reducing data data appearance, and conclusions. The purpose of this Final Project is to produce an educational pop-up book that serves as a learning tool about daily prayer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170236
Uncontrolled Keywords: Buku Pop-up, Doa Sehari-hari, Interaktif, Kartun, Ilustrasi Digital, Anak-anak-Pop-up Book, Daily Prayer, Interactive, Cartoon, Digital Illustration, Children.
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:12
Last Modified: 12 Feb 2024 03:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214992
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Renaldy Afif Atho'ulloh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item