Strategi Marketing Calon Anggota Legislatif Daerah pada Pemilu Tahun 2019 (Studi Kasus Calon Anggota Legislatif Partai Keadilan Sejahtera pada Pemilu Kota Malang Tahun 2019)

Wibowo, Denis Taufik Tri and Ahmad Hasan Ubaid, S.IP., M.IP (2023) Strategi Marketing Calon Anggota Legislatif Daerah pada Pemilu Tahun 2019 (Studi Kasus Calon Anggota Legislatif Partai Keadilan Sejahtera pada Pemilu Kota Malang Tahun 2019). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis sekaligus mengkaji mengenai strategi marketing politik yang diterapkan oleh DPD PKS Kota Malang dalam kontestasi pemilu legislatif tahun 2019. Penelitian ini juga menganalisis mengenai faktor-faktor meningkatnya suara PKS di Kota Malang terutama apabila dibandingkan dengan pemilu 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan penentuan informan yang sudah ditentukan oleh peneliti. Peneliti menggunakan teori utama yakni 3P (Push Political, Pass Political, dan Pull Political) yang digagas oleh Bruce I.Newman untuk menganalisis strategi dari masing-masing calon yang menjadi fokus utama dan juga dijalankan oleh DPD PKS Kota Malang. Lebih rinci lagi peneliti juga menggunakan metode pendekatan segmentation, targeting, dan positioning. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa masingmasing calon anggota memiliki segmentasi yang berbeda-beda, akan tetapi basis utama para pemilih dari PKS adalah masyarakat terdidik dan kelompok masyarakat tarbiyah. Peningkatan suara yang dialami oleh PKS menunjukkan bahwa segmentasi pemilih PKS semakin meluas, ditambah dengan dinamika masyarakat yang cukup dinamis membuat lambat laun kader dan partai PKS diterima oleh masyarakat. Melalui penelitian ini penulis menemukan bahwa dalam sistem proporsional terbuka, calon anggota legislatiflah yang banyak bertarung dan terjun langsung kepada masyarakat, sedangkan partai hanya menjadi fasilitator saja. Di samping itu melalui penelitian ini, peneliti juga menemukan fakta bahwa merawat segmentasi pemilih menjadi sangat penting terutama di kalangan masyarakat multikultural seperti yang ada di Malang.

English Abstract

This research analyzes and examines the political marketing strategy applied by DPD (local leadership council) PKS Malang City in the contestation of the 2019 legislative elections. This research also investigates the factors of the enlargement in PKS votes in Malang City, mainly when compared to the 2014 election. The method used in this research is a qualitative method by determining informants who have been determined before. Researchers used the primary theory, which is 3P (Push Political, Pass Political, and Pull Political) that was conceived by Bruce I.Newman to analyze the strategy of each candidate who became the main focus and was also carried out by DPD (local leadership council) PKS Malang City, in more detail the researchers also used the segmentation, targeting, and positioning approach methods. The results of this study reveal that each candidate member has a different segmentation, but the main base of voters from PKS is the educated community and the tarbiyah community group. The increase in votes experienced by PKS shows that the segmentation of PKS voters is increasingly widespread, coupled with the dynamics of a fairly dynamic society that gradually makes PKS cadres and parties obtained by the community. Through this research, the author found that in an open proportional system, it is the legislative candidates who fight a lot and go directly to the community, while the party is only a facilitator. In addition, through this research, researchers also found the fact that caring for voter segmentation is very crucial, especially among multicultural communities such as those in Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Uncontrolled Keywords: marketing politik, PKS, pileg 2019
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:43
Last Modified: 01 Feb 2024 07:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214989
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Denis Taufik Tri Wibowo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item