Evaluasi Layanan Drive Thru Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur

Ma'rifah, Refi Anantha Azizatul and Annisa Fajriyah, M.A (2023) Evaluasi Layanan Drive Thru Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai sumber informasi, perpustakaan menyediakan berbagai macam bahan pustaka guna memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Salah satu faktor penting agar bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan dapat tersampaikan kepada masyarakat yaitu dengan adanya layanan perpustakaan. Layanan perpustakaan ini merupakan salah satu kegiatan utama pada setiap perpustakaan karena berfungsi dalam proses peminjaman maupun pengembalian bahan pustaka. Namun, akibat adanya pandemi COVID-19, menimbulkan dampak signifikan terhadap kehidupan masyarakat, termasuk pada industri perpustakaan. Sejak pandemi COVID-19 terjadi, perpustakaan umum Provinsi Jawa Timur tidak dapat memberikan layanan peminjaman maupun pengembalian bahan pustaka secara normal, hal ini disebabkan adanya kebijakan lockdown dan juga pembatasan sosial yang diberlakukan untuk mengendalikan penyebaran virus. Akibat adanya kebijakan tersebut sehingga berpengaruh terhadap cara perpustakaan dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Perpustakaan umum Provinsi Jawa Timur mengubah sistem layanan menjadi sistem layanan secara tertutup, yaitu layanan perpustakaan dengan sistem drive thru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi layanan drive thru di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dalam Tugas Akhir ini yaitu kuesioner dan wawancara. Hasil dari Tugas Akhir ini yaitu berupa hasil evaluasi layanan drive thru di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

English Abstract

As a source of information, the library provides a variety of library materials to meet the information needs of the community. One important factor so that library materials owned by the library can be conveyed to the community is the existence of library services. This library service is one of the main activities in every library because it functions in the process of borrowing and returning library materials. However, due to the COVID-19 pandemic, it has had a significant impact on people's lives, including on the library industry. Since the COVID-19 pandemic occurred, the public library of East Java Province has been unable to provide normal lending and return services for library materials, this is due to lockdown policies and social restrictions imposed to control the spread of the virus. As a result of this policy, it affects the way libraries provide services to the community. The public library of East Java Province changed the service system into a closed service system, namely library services with a drive thru system. The purpose of this study was to evaluate drive thru services at the East Java Provincial Library and Archives Office. Data collection techniques in this Final Project are questionnaires and interviews. The results of this Final Project are in the form of evaluation results of drive thru services at the East Java Provincial Library and Archives Office.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170235
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Layanan Drive thru Perpustakaan-Evaluation, Drive thru Library Service
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Feb 2024 03:12
Last Modified: 12 Feb 2024 03:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214988
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Refi Anantha Azizatul Ma'rifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item