PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TAKI TAKI FROZEN FOOD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN

Raihana, Hasna Nabiila and Citra Dewi Megawati, S.Sn., M.T. (2023) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TAKI TAKI FROZEN FOOD SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di era sekarang ini, semua menjadi mudah dengan adanya gadget. Para pelaku usaha berlomba-lomba meningkatkan penjualannya dengan cara memperluas media promosi. Media promosi adalah alat yang digunakan untuk menyalurkan bentuk pesan mengenai produk, jasa, gambar, dan perusahaan agar dapat meningkatkan daya tarik masyarakat luas baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga bisa meningkatkan penjualan. Menurut google maps terdapat sebanyak 40 toko khususnya yang menjual Frozen Food di Kota Malang. Taki- Taki frozen Food merupakan salah satu satu industry makanan di kota Malang yang menjual Frozen Food, terdiri dari nugget, bakso, sosis, dan lain- lain. Ibu Umilatul Mardiyah selaku pemilik menyampaikan bahwa Taki-Taki frozen food masih mengalami penurunan penjualan sebesar 17,5 % dalam periode bulan Januari sampai Februari karena ketatnya persaingan dengan kompetitor lainya. Taki-Taki frozen food memiliki akun Instagram. Namun akun Instagram tersebut belum memaksimalkan media promosinya. Dari permasalahan tersebut maka, perlu adanya upaya untuk merancang media promosi Toko Taki-Taki frozen food agar dapat membantu mengenalkan Toko Taki-Taki frozen food kepada masyarakat secara luas. Perancangan media promosinya juga harus tepat dan sesuai sasaran sehingga dapat meningkatkan daya Tarik masyarakat sehingga penjualan dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan metode gabungan yaitu mixed method. mixed method meupakan metode yang mengabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dengan menggunakan metode ini akan menghasilkan simpulan data yang lebih akurat. Hasil karya yang dihasilkan pada penelitian ini adalah media sosial yaitu feeds, Instagram Story, reels Instagram, konten facebook, Video Tiktok dan tampilan produk di shopee. Media pendukungnya berupa, poster, brosur, x-banner, merch kaos dan paper bag.

English Abstract

In today's era, everything becomes easy with gadgets. Business actors are competing to increase their sales by expanding promotional media. Promotional media is a tool used to channel messages about products, services, images, and companies in order to increase the attractiveness of the wider community both directly and indirectly so as to increase sales. According to google maps there are as many as 40 stores, especially those that sell frozen food in Malang City. Taki- Taki frozen food is one of the food industries in Malang that sells Frozen Food, consisting of nuggets, meatballs, sausages, and others. Mrs. Umilatul Mardiyah as the owner said that Taki-Taki frozen food still experienced a decline in sales by 17.5% in the period from January to February due to tight competition with other competitors. Taki-Taki frozen food has an Instagram account. But the Instagram account has not maximized its promotional media. From these problems, efforts are needed to design promotional media for frozen food Taki-Taki Stores in order to help introduce frozen food Taki-Taki Stores to the wider community. The design of promotional media must also be right and on target so that it can increase public attractiveness so that sales can increase. This research uses a combined method namely mixed method. Mixed method is a method that combines qualitative and quantitative approaches. Using this method will produce more accurate data conclusions. The results of the work produced in this study are social media, namely feeds, Instagram stories, Instagram reels, Facebook content, Tiktok Videos and product displays on shopee. The supporting media are posters, brochures, x-banners, merch t-shirts and paper bags.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: Media Promosi, Peningkatan Penjualan, Perancangan Media Promosi, Taki- Taki Frozen Food
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Unnamed user with username tunjungsari
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:16
Last Modified: 31 Jan 2024 02:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214977
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hasna Nabiila raihana.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item