Optimalisasi Social Media Marketing untuk Program Talk Show Interaktif melalui Instagram @radiosuarajombang di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Jombang FM

Pratama, Sheilla Anggi Putri and Andira Dwi Wiranugraha, S.M., MAB (2023) Optimalisasi Social Media Marketing untuk Program Talk Show Interaktif melalui Instagram @radiosuarajombang di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Jombang FM. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

LPPL Radio Suara Jombang mengikuti perkembangan era digital dengan menggunakan media sosial Instagram sebagai media informasi dan media promosi untuk program Talk Show Interaktif. Upaya yang dilakukan adalah dengan mengoptimalkan social media marketing untuk Program Ta lk Show Interaktif melalui Instagram @radiosuarajombang di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Jombang FM agar konsistensinya tetap bertahan di tengah masyarakat dan dapat menambah target audiens. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan indikator social media marketing 4C (Context, Communication, Collaborator, Connection) Radio Suara Jombang FM telah mengoptimalkan media sosial ini untuk mempromosikan program Talk Show Interaktif dengan cukup baik. Hasil analisis insight menunjukkan bahwa akun Instagram Radio Suara Jombang sangat aktif dan menunjukkan peningkatan pengikut di setiap bulan. Pengikut dapat dengan mudah mendapatkan informasi terkait program Talk Show Interaktif melalui akun Instagram @radiosuarajombang. Kendalanya ada pada kurangnya SDM untuk mengelola akun Instagram ini. Sehingga dibutuhkan perhatian khusus agar bisa lebih maksimal.

English Abstract

LPPL Radio Suara Jombang follows developments in the digital era by using social media Instagram as an information medium and promotional media for the Interactive Talk Show program. Efforts are being made to optimize social media marketing for the Interactive Talk Show Program via Instagram @radiosuarajombang at the Local Public Broadcasting Institution (LPPL) Radio Suara Jombang FM so that consistency remains in the community and can increase the target audience. This study uses a qualitative descriptive method using observation, interviews, and documentation techniques. Based on the 4C social media marketing indicators (Context, Communication, Collaborator, Connection) Suara Jombang FM Radio has optimized this social media to promote the Interactive Talk Show program quite well. The results of the insight analysis show that Radio Suara Jombang's Instagram account is very active and shows an increase in followers every month. The followers can easily get information regarding the Interactive Talk Show program through the Instagram account @radiosuarajombang. The problem lies in the lack of human resources to manage this Instagram account. So that special attention is needed so that it can be maximized

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Social Media Marketing, Instagram, LPPL Radio Suara Jombang FM, Talk Show-Optimization, Social Media Marketing, Instagram, LPPL Suara Jombang FM Radio, Talk Show
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Emy Sukartini
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:21
Last Modified: 31 Jan 2024 02:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214975
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SHEILLA ANGGI PUTRI PRATAMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item