Hasanah, Savira Aulia and Dr.Nur Ambulani, SE,M.Si (2023) RANCANGAN STRATEGI BRANDING SOSIAL MEDIA INSTAGRAM @MALANGLUARBIASA PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN MALANG. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang merupakan unsur pelaksana Urusan Pemerintahan bidang Komunikasi dan Informatika. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang dibentuk pada tahun 2017 dengan dasar hukum Peraturan Daerah Kabupaten Malang No. 9 Tahun 2016 . Dalam perannya Diskominfo memiliki sebuah tugas salah satunya yaitu meningkatkan mutu layanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Sosial media Instagram merupakan portal online publik yang menjangkau secara luas dalam menyebarkan sebuah informasi dan media yang paling efektif dalam meningkatkan branding positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan strategi branding sosial media Instagram @malangluarbiasa sebagai wajah baru dari Diskominfo Kabupaten Malang sebagai rebranding terbaru. Jenis penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan rancangan strategi branding sosial media Instagram @malangluarbiasa pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang adalah melalui mengidentifikasi masalah, brand positioning, brand identity, dan brand personality. Adanya konsep tersebut menjadikan sebuah Instagram memiliki acuan dalam menciptakan konten yang menarik dan digemari oleh masyarakat. Sosial media harus mampu dalam menciptakan sebuah branding sebagai media penghubung dengan pengguna. Dengan terciptanya konten konten yang sudah diciptakan pada akun Instagram @malangluarbiasa tersebut diharapkan dapat menjadi media baru mengenai berita, kuliner, pariwisata di Kab Malang bagi masyarakat nantinya
English Abstract
The Communication and Information Office of Malang Regency is the implementing element of Government Affairs in the field of Communication and Informatics. The Communication and Information Office of Malang Regency was established in 2017 on the legal basis of Malang Regency Regional Regulation No. 9 of 2016. In its role, Diskominfo has a task, one of which is to improve the quality of public services through the use of information and communication technology. Instagram social media is a public online portal that reaches widely in disseminating information and media that is most effective in increasing positive branding. This study aims to determine the design of the Instagram social media branding strategy @malangluarbiasa as the new face of Diskominfo Malang Regency as the latest rebranding. This type of research is descriptive with a qualitative approach. The data collection techniques used are interview techniques, observation techniques and documentation techniques. Based on the results of research conducted, it shows that the design of the Instagram social media branding strategy @malangluarbiasa at the Malang Regency Communication and Information Office is through identifying problems, brand positioning, brand identity, and brand personality. The existence of this concept makes an Instagram has a reference in creating interesting content and favored by the public. Social media must be able to create a branding as a medium of liaison with users. With the creation of content that has been created on the @malangluarbiasa Instagram account, it is hoped that it can become a new media regarding news, culinary, tourism in Malang Regency for the community later
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052317 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Branding; Sosial Media; Instagram; Konten-Branding Strategy; Social Media; Instagram; Content |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Emy Sukartini |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 01:23 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 01:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214930 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Savira Aulia Hasanah.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |