Redesain Interior TK Muslimat NU 011 Al-Asyhar Dengan Elemen Semiotika Damar Kurung Sebagai Pelestarian Budaya Gresik

Novitasari, Diana and Asril Kurniadi, S.T., M.T (2023) Redesain Interior TK Muslimat NU 011 Al-Asyhar Dengan Elemen Semiotika Damar Kurung Sebagai Pelestarian Budaya Gresik. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Taman kanak–kanak (TK) adalah pendidikan prasekolah sebelum memasuki pendidikan dasar untuk anak usia empat hingga enam tahun. Usia ini merupakan masa golden age anak. Namun, pada era globalisasi mereka cenderung bermain gadget sehingga kurang mendapat penanaman nilai warisan budaya. Pada masa ini, anak-anak mudah dalam mengingat visual saat belajar. Sehingga akan dilakukan redesain interior dengan menggunakan elemen semiotika damar kurung sebagai pelestarian budaya Gresik. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif (QD) yang disertai dengan penjelasan secara tertulis dan grafis. Setelah data, didapatkan, maka dilakukan pengolahan data dengan metode design thingking. Metode ini mempunyai lima tahap yang meliputi empathize, define, ideate, perancangan desain, dan pengujian. Penelitian ini memberikan hasil berupa redesain interior dengan menggunakan elemen semiotika damar kurung dan mampu memberikan pengenalan damar kurung kepada anak-anak. Sehingga diharapkan penelitian ini dapat menjadi media dan sarana untuk mengenalkan budaya damar kurung ke anak-anak.

English Abstract

Kindergarten (TK) is preschool education before entering basic education for children aged four to six years. This age is the golden age of children. However, in the era of globalization they tend to play gadgets so they don't get the investment of cultural heritage values. At this time, children easily remember visuals when learning. So that an interior redesign will be carried out using the semiotic elements of damar brackets as a preservation of Gresik culture. This research method uses a qualitative descriptive method (QD) accompanied by written and graphic explanations. After the data is obtained, data processing is carried out using the design thinking method. This method has five stages which include empathize, define, ideate, design, and test. This study gave results in the form of interior redesign using semiotic elements of damar kurung and was able to provide an introduction to damar kurung to children. So it is hoped that this research can become a medium and a means to introduce the culture of resin brackets to children.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: Taman kanak-kanak (TK); Semiotika; Damar Kurung, Kindergarten; Semiotics; Damar Kurung
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:22
Last Modified: 31 Jan 2024 02:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214925
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Diana Novitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Actions (login required)

View Item View Item