Pengaruh Kualitas Pelayanan Server terhadap Kepuasan Konsumen di Ahyat Abalone Forum Restaurant, Harris Hotel & Conventions Malang

Nurhadi, Grace Ayuandari and Mukhammad Kholid Mawardi, S.Sos., M.AB., PhD (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Server terhadap Kepuasan Konsumen di Ahyat Abalone Forum Restaurant, Harris Hotel & Conventions Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan server atau yang juga disebut waiter terhadap kepuasan konsumen Ahyat Abalone Forum Restaurant, Harris Hotel & Conventions Malang. Penelitian ini menggunakan lima variabel independen yaitu tangible, realibility, responsiveness, assurance, dan empathy dengan satu variabel dependen yaitu kepuasan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan metode kuesioner. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen Ahyat Abalone Forum & Restaurant sebanyak 280 orang, dengan jumlah sample 60 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan Kualitas Pelayanan (X) berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Namun 4 dari 5 variabel independen secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan konsumen. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji t pada variabel tangible dengan nilai t hitung sebesar 1,961 < 2,005 dan nilai signifikan 0,055 > 0,05 jadi H1 ditolak. Realibility tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t pada variabel Realibility 1,235 < 2,005 dan nilai signifikan 0,222 > 0,05 jadi H2 ditolak. Responsiveness tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t pada variabel Responsiveness 0,711 < 2,005 dan nilai signifikan 0,480 > 0,05 jadi H3 ditolak. Assurance tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t pada variabel Assurance 0,552 < 2,005 dan nilai signifikan 0,583 > 0,05jadi H4 ditolak. Empathy berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t pada variabel Empathy 5,599 > 2,005 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 jadi H5 diterima. Nilai koefisien determinasi (R2 ) pada penelitian ini adalah sebesar 70.4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
Divisions: Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan
Depositing User: Unnamed user with username tunjungsari
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:47
Last Modified: 30 Jan 2024 08:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214907
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Grace Ayuandari Nurhadi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item