Evaluasi Corporate Social Responsibility PT Terminal Teluk Lamong dalam Program Pemberdayaan Kantin UMKM

Zalzabila Angelita, Dhita and Tri Mega Asri, S.Sos, M.I.Kom (2023) Evaluasi Corporate Social Responsibility PT Terminal Teluk Lamong dalam Program Pemberdayaan Kantin UMKM. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu komitmen bagi sebuah perusahaan Pelabuhan terhadap aspek pembangunan berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat yang dilaksanakan oleh PT Terminal Teluk Lamong. Pemberdayaan Kantin UMKM adalah program bantuan untuk mengembangkan UMKM dengan disediakannya tempat dan fasilitas yang memadai untuk berdagang. Kegiatan yang dilakukan Kantin UMKM harus dievaluasi agar perusahaan dapat memonitoring, memperbaiki, hingga meninjau hal yang tidak sesuai dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi Corporate Social Responsibility PT Terminal Teluk Lamong dalam Program Pemberdayaan Kantin UMKM. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Perusahaan mengalokasikan keuntungan bersih (Profit) CSR dengan anggaran 2% sebesar kepada Kantin UMKM (2) Lingkungan (Planet) area perusahaan menjadi bersih dari sampah karena kesadaran masyarakat dan kerja sama dengan ForLink (3) Pemberdayaan masyarakat (People) Ring I menunjukkan perkembangan dan meningkatkan kesejahteraan secara ekonomi dan (4) Pada aspek Prosedur (Procedure) pengembangan program dan evaluasi dilakukan oleh pegawai pelaksana CSR serta Manager Humas dengan bekerja sama dengan pemerintah.

English Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) is a commitment for a port company to aspects of sustainable development by involving the community carried out by PT Terminal Teluk Lamong. MSME Canteen Empowerment is an assistance program to develop MSMEs by providing adequate places and facilities for trading. Activities carried out by the MSME Canteen must be evaluated so that the company can monitor, improve, and review things that are not appropriate in its implementation. This study aims to evaluate the Corporate Social Responsibility of PT Terminal Teluk Lamong in the UMKM Canteen Empowerment Program. This type of research is descriptive qualitative. Data collection techniques used are interviews and observation. From the research results it is known that: (1) The company allocates net profits (Profit) CSR with a 2% budget for the UMKM Canteen (2) The environment (Planet) of the company area is clean from garbage because of community awareness and collaboration with ForLink (3) Community empowerment (People) Ring I shows development and increasing welfare economically and (4) On the Procedure aspect (Procedure) program development and evaluation are carried out by CSR implementing employees as well as Public Relations Managers in collaboration with the government.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: PT Terminal Teluk Lamong CSR Evaluation, MSME Canteen, Evaluasi CSR PT Terminal Teluk Lamong, Kantin UMKM
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 31 Jan 2024 00:44
Last Modified: 31 Jan 2024 00:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214894
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dhita Zalzabila Angelita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item