Analisis Ketersediaan Linen Dan Towel Oleh Laundry Section Dalam Membantu Kelancaran Operasional Hotel Pada The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place.

Afiyah, Nurul and Muhammad Ziauddin Ulya, SE.,MM. (2024) Analisis Ketersediaan Linen Dan Towel Oleh Laundry Section Dalam Membantu Kelancaran Operasional Hotel Pada The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia memasuki era New Normal Covid 19, dengan membaiknya kondisi Indonesia maka sektor pariwisata dan perhotelan mulai kembali beroperasi. Hal ini dibuktikan dengan tingginya jumlah pemesanan kamar yang terjadi di The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place karena hotel ini terletak di pusat kota Jakarta dan dikelilingi oleh pusat bisnis. Dengan tingginya jumlah pemesanan kamar maka komponen utama yang disiapkan adalah linen dan towel sebagai pelengkap fasilitas yang ada di kamar. Namun, ketersediaan linen dan towel di hotel ini masih sangat kurang dan belum memenuhi target untuk penjualan kamar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan linen dan towel yang dilakukan di hotel ini untuk memenuhi ketersediaan linen yang dibutuhkan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu Observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sistem pengelolaan linen yang masih kurang stabil, fasilitas yang kurang memadai dan jumlah linen yang sedikit hingga banyak linen yang dalam kondisi rusak dan tidak layak pakai menjadi faktor terhambatnya kelancaran operasional di hotel. Serta jumlah linen yang beredar dan yang tersedia di kamar tidak sama jumlahnya, hal ini membuktikan bahwa banyak linen yang hilang yang tidak tercatat di buku inventory.

English Abstract

Indonesia is entering the New Normal Covid 19 era, with the improvement in Indonesia's condition, the tourism and hospitality sector is starting to resume operations. This is evidenced by the high number of room bookings that have occurred at The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place because this hotel is located in downtown Jakarta and is surrounded by business centers. With the high number of room reservations, the main components prepared are linen and towels as a complement to the facilities in the room. However, the availability of linen and towels at this hotel is still lacking and has not met the target for room sales. This research was conducted to find out how linen and towels are managed at this hotel to meet the availability of linen needed. In this study, researchers used descriptive qualitative research methods. Data collection techniques are interviews, documentation and literature study. The results of this study indicate that the linen management system is still unstable, the facilities are inadequate and the number of linens that are few to many are in a damaged condition and unfit for use are factors hindering the smooth operation of the hotel. As well as the amount of linen circulating and available in the room is not the same, this proves that many linens were lost which were not recorded in the inventory book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0524170003
Uncontrolled Keywords: Ketersediaan, Linen, Kelancaran Operasional-Availability, Linen, Smooth Operation.
Divisions: Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:45
Last Modified: 15 Feb 2024 01:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214878
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nurul Afiyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item