Perancangan Brand Environment pada Bengkel Modifikasi Vespa Proscoot Malang

Fitra Veriawan, Deny and Debri Haryndia Putri, S.T., M.Ds. (2023) Perancangan Brand Environment pada Bengkel Modifikasi Vespa Proscoot Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perancangan ini bertujuan untuk merancang Brand Environment pada bengkel modifikasi Vespa Proscoot Malang untuk meningkatkan jasa dan produk penjualan serta sebagai wadah komunitas pecinta Vespa di Kota Malang. Sehingga dapat mencerimankan citra branding bengkel modifikasi Vespa Proscoot. Setiap perusahaan memiliki citra branding dan ciri khas yang memiliki atmosfer yang berkesan dan ikonik. Hal ini belum diterapkan dalam interior bangunan bengkel modifikasi Vespa Proscoot. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah penelitian selesai dilakukan, dilanjutkan perancangan pengaplikasian Brand Environment pada bengkel modifikasi Vespa Proscoot Malang pada interior Bengkel Proscoot Malang dengan konsep urban retro. Konsep desain Urban Retro merupakan konsep yang mengutamakan terinspirasi dari gaya hidup anggota komunitas pecinta Vespa. Bentuk yang chic khas metropolitan, dengan perabotan simple, sederhana, multifungsi yang menggambarkan karakter kendaraan Vespa yang Retro, Sporty, dan Dinamis. Dengan harapan dapat terciptanya Brand Environment yang diharapkan. Desain Urban Manly dipilih sebagai konsep Brand environment pada Bengkel Modifikasi Vespa Proscoot Malang diambil dari karakter dari Vespa Retro, Sporty, dan Dinamis.

English Abstract

The purpose of this design is to create a Brand Environment for Vespa modification workshop, Proscoot Malang, to enhance its services and product sales, as well as to serve as a community hub for Vespa enthusiasts in Malang city. This aims to convey the branding image of Proscoot's modification workshop. Every company has its own branding image and unique characteristics that create a memorable and iconic atmosphere. However, this has not been implemented in the interior of Proscoot's Vespa modification workshop. The researchers employed qualitative research method with a descriptive approach. The data analysis techniques used were data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Upon completion of the research, the application of Brand Environment design was carried out for the interior of Proscoot Malang's Vespa modification workshop, with an urban retro concept. The Urban Retro design concept is inspired by the lifestyle of Vespa enthusiast community members. It features chic metropolitan shapes, simple and multifunctional furniture that portrays the Retro, Sporty, and Dynamic characteristics of Vespa vehicles. The aim is to create the desired Brand Environment. The Urban Manly design concept was chosen as the Brand Environment concept for Proscoot Malang's Vespa Modification Workshop, drawing inspiration from the Retro, Sporty, and Dynamic characteristics of Vespa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: Brand Environment, perancangan interior, bengkel modifikasi, bengkel Vespa, Retro, Urban, Brand Environment, interior design, modification workshop, Vespa workshop, Retro, Urban
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 31 Jan 2024 00:42
Last Modified: 31 Jan 2024 00:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214876
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Deny Fitra Veriawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49MB)

Actions (login required)

View Item View Item