Zuhrotul, Maratussholihah, (2023) “Pengaruh Kompetensi TPACK Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Menelaah Teks Cerita Pendek”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kompetensi TPACK guru merupakan salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan kurangnya motivasi belajar siswa, salah satunya yaitu dalam pembelajaran teks cerita pendek. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan tingkat kompetensi TPACK guru dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran menelaah teks cerita pendek, serta mengetahui pengaruh kompetensi TPACK guru terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran menelaah teks cerita pendek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental dengan desain pra-ekperimental one group pretest-postest. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi dan angket atau kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi TPACK guru terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran menelaah teks cerita pendek. Hasil regresi linier sederhana menunjukkan hasil taraf signifikansi sebesar <0,001 < 0,05 dengan nilai koefisien regresi sebesar sebesar 0,665 yang berinilai positif. Adapun hasil uji-t menggunakan uji paried sample t-test juga menunjukkan pengaruh yang signifikan yaitu sebesar 0,003 < 0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan tingkat kompetensi TPACK guru memiliki rata-rata sebesar 3,42 dan tingkat motivasi belajar siswa dengan rata-rata sebesar 3,37. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kompetensi TPACK guru memberikan pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar siswa. Semakin tinggi kompetensi TPACK guru, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. Kompetensi TPACK guru yang tinggi akan memperbesar peluang terciptanya motivasi belajar siswa dan kegiatan pembelajaran yang efektif, aktif dan berkualitas.
English Abstract
Teacher TPACK competency is an effort to overcome the problem of students' lack of motivation to learn, one of which is in learning short story texts. This research aims to describe the level of teacher TPACK competence and students' learning motivation in learning to study short story texts, as well as to determine the influence of teachers' TPACK competence on students' learning motivation in learning to study short story texts. This research uses a quantitative approach with an experimental method with a one-group pretest-posttest pre-experimental design. The data collection techniques used were observation and questionnaires. The results of this research indicate that there is an influence of teacher TPACK competence on student learning motivation in learning to study short story texts. The results of simple linear regression show a significance level of <0.001 <0.05 with a regression coefficient value of 0.665 which is positive. The results of the t-test using the paired sample t-test also showed a significant effect, namely 0.003 < 0.05. The research results also show that teachers' TPACK competency level has an average of 3.42 and students' learning motivation level has an average of 3.37. Therefore, it can be concluded that teacher TPACK competence has a positive influence on student learning motivation. The higher the teacher's TPACK competency, the higher the student's learning motivation. High teacher TPACK competency will increase the opportunities for creating student learning motivation and effective, active, and quality learning activities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523120089 |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi TPACK Guru, Motivasi Belajar, Menelaah Teks Cerita Pendek |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | agung |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 03:33 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 03:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214868 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Zuhrotul Maratussholihah.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Actions (login required)
View Item |