Membedah Rasionalitas: Nilai, Pilihan, dan Strategi Petani Penggarap di Kampung Tenjo Laut, Desa Sukamakmur.

Hasna,, Zahra Aulia. (2023) Membedah Rasionalitas: Nilai, Pilihan, dan Strategi Petani Penggarap di Kampung Tenjo Laut, Desa Sukamakmur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kampung Tenjo Laut menjadi salah satu wilayah dengan kondisi geografis yang menguntungkan untuk sektor pertanian. Hal ini didukung dengan penduduk kampung yang mayoritas bekerja sebagai petani penggarap. Meski demikian, kondisi lingkungan yang mendukung pertanian tidak lantas menjadikan petani penggarap di Kampung Tenjo Laut hidup berkecukupan. Kampung Tenjo Laut terletak di tengah perbukitan dengan akses yang serba terbatas mengakibatkan terisolirnya wilayah kampung. Sementara itu, petani juga dihadapi oleh berbagai kondisi yang sulit seperti cuaca yang berubah-ubah, lahan yang sempit, serta adanya wacana pembangunan jalan yang mempengaruhi akses petani ke lahan. Diantara risiko dan keterbatasan tersebut, petani dihadapkan dengan kebutuhan rumah tangga yang tinggi serta adanya nilai sosial yang mereka pegang. Oleh karena itu penelitian ini kemudian berusaha untuk melihat bagaimana petani membentuk strategi sebagai upaya bertahan hidup. Situasi pengambilan keputusan dan rasionalitas petani kemudian menjadi penting untuk mengkaji bagaimana strategi ini dibentuk. Pendekatan kualitatif dan etnografi digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dianalisis menggunakan tulisan yang digagas Ortiz (2012) mengenai pilihan rasional pelaku ekonomi dan adanya situasi yang melatarbelakangi pengambilan keputusan ekonomi individu. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara situasi sosial-ekonomi dan kondisi lingkungan dengan bagaimana petani mengambil keputusan. Selain itu petani dapat dikatakan sebagai individu rasional dilihat dari adanya strategi petani sebagai bentuk pengelolaan risiko.

English Abstract

Kampung Tenjo Laut is a region favored by its geographical features for the agricultural sector, complemented by most of its inhabitants working as farmers. However, the supportive agricultural environment in Kampung Tenjo Laut doesn't guarantee a sufficient standard of living for these tenant farmers. Positioned amidst hills with limited access, the village is secluded. Additionally, farmers face numerous challenges such as unpredictable weather, restricted land, and road construction discussions that impact their access to fields. Amidst these risks and limitations, farmers encounter high household needs alongside the preservation of important social values. Hence, this study aims to explore how farmers devise strategies for survival. Understanding farmers’ decision-making scenarios and the rationality of farmers becomes crucial in examining how these strategies are formulated. Employing qualitative and ethnographic approaches, this study evaluates Ortiz's (2012) work on the rational choices made by economic actors and the contextual factors influencing individual economic decision-making. The research findings indicate a relationship between socio-economic situations, environmental conditions, and farmers' decision-making. Furthermore, farmers can be considered rational individuals, as evidenced by their implementation of risk management strategies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120086
Uncontrolled Keywords: Rasionalitas, Nilai, Pengambilan Keputusan, Pilihan, Strategi Petani
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Antropologi Budaya
Depositing User: agung
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:30
Last Modified: 31 Jan 2024 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214848
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Zahra Aulia Hasna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item