PEMANFAATAN INSTAGRAM ADS SEBAGAI SARANA PENINGKATAN ENGAGEMENT PADA AKUN CIKSTIK INDONESIA

Abdulloh, Roihan and Galih Panji Hardiko, S.TP., M.T (2023) PEMANFAATAN INSTAGRAM ADS SEBAGAI SARANA PENINGKATAN ENGAGEMENT PADA AKUN CIKSTIK INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menilik sektor industri makanan dan minuman di Indonesia yang memiliki peminat sangat tinggi menjadi alasan berdirinya Cikstik Indonesia, sebuah perusahaan asal Sleman Yogyakarta yang menawarkan cita rasa chicken steak dengan harga terjangkau. Menjadikan kalangan muda sebagai target pasar membutuhkan strategi tersendiri dalam membuat pemasaran yang efisien. Dengan mayoritas rentang usia tersebut aktif menggunakan media sosial Instagram, fenomena tersebut dapat dimanfaatkan Cikstik Indonesia dalam melakukan pemasaran kepada target pasarnya. Engagement pada akun maupun konten dapat menjadi hal yang penting untuk membuka peluang terjadinya pembelian di masa depan. Namun, pengunggahan konten melalui akun Instagram @cikstik secara organik untuk meningkatkan engagement rupanya belum menjadi strategi yang efisien. Instagram Ads diimplementasikan untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut. Peningkatan engagement rate akun Instagram Cikstik Indonesia yang diukur menggunakan tools Engagement Rate Calculator milik allstars.id sebesar 11,28% tidak luput dari kontribusi implementasi Instagram Ads pada tiga konten yang diunggah akun @cikstik. Akan tetapi perlu adanya penyesuaian konten, durasi, atau pun anggaran yang dapat dilakukan di masa depan oleh Cikstik Indonesia apabila ingin meningkatkan hasil Instagram Ads.

English Abstract

Looking at food and beverage industry sector in Indonesia has a very high demand is the reason for the establishment of Cikstik Indonesia, a company from Sleman Yogyakarta that offers chicken steak at affordable prices. Making teenagers as the target market requires its own strategy in making an efficient marketing. With the majority of the age range actively using Instagram social media, these phenomena can be utilised by Cikstik Indonesia in marketing to its target market. Engagement on accounts and content can be important to open opportunities for future purchases. Hence, uploading content through @cikstik's Instagram account organically to increase engagement does not seem to be an efficient strategy. Instagram Ads was implemented to help overcome this problem. The increase in the engagement rate of Cikstik Indonesia's Instagram account, measured using allstars.id's Engagement Rate Calculator tool of 11.28%, cannot be separated from the contribution of the implementation of Instagram Ads on the three contents uploaded by the @cikstik account. However, there needs to be adjustments to content, duration, or budget that can be made in the future by Cikstik Indonesia if it wants to improve Instagram Ads results.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: Digital marketing, Social Media Marketing, Instagram Ads-Digital marketing, Social Media Marketing, Instagram Ads
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Emy Sukartini
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:17
Last Modified: 30 Jan 2024 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214843
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Roihan Abdulloh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item