Mayoni, Ni Luh Putu Sri and Budi Fajar Supriyanto, S.Kom, M.Kom (2023) Pengaruh Jumlah Followers Afiliator Terhadap Revenue Yang Didapat Di Tiktok Shop Ketika Menjual Produk Kilap Premium. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah, yaitu bagaimanakah pengaruh jumlah followers afiliator terhadap revenue yang didapat ketika menjual produk Kilap Premium pada TikTok shop dan yang manakah top afiliator yang memiliki revenue terendah dan tertinggi. Data dikumpulkan melalui dokumentasi data memanfaatkan fitur TikTok shop seller center akun @kilappremium, penelitian ini mengumpulkan data jumlah followers dan jumlah revenue yang didapatkan oleh afiliator yang diambil pada periode 06 Maret 2023-19 Maret 2023. Data jumlah followers dan revenue tersebut dianalisis dan dibandingkan satu sama lain untuk mengetahui pengaruh antara jumlah followers terhadap revenue yang didapatkan. Dari hasil pengamatan diketahui bahwa: (1) jumlah followers afiliator berpengaruh negatif/lemah terhadap revenue yang didapatkan oleh @kilap premium berdasarkan analisis korelasi pearson dengan r=0,4044852 (2) afiliator yang memiliki revenue tertinggi adalah @divvy_project dengan revenue sebanyak Rp 855.304 dan dengan followers sebanyak 20.120 followers sedangkan afiliator yang memiliki revenue terendah adalah @racundanapelajar dengan revenue sebanyak Rp 22.677 dan followers sebanyak 15.750 followers. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah membedakan atau menambah cakupan terkait jumlah likes dari sebuah akun TikTok dan juga jumlah produk terjual pada akun TikTok shop sebuah perusahaan.
English Abstract
This research has two problem formulations, namely how does the number of affiliate followers affect the income earned when selling Kilap Premium products at the TikTok shop and who is above the affiliates who have the lowest and highest income. The data collected through data documentation utilizes the TikTok shop seller center feature of the @kilappremium account. This study collects data on the number of followers and the amount of revenue earned by affiliates taken from March 6 2023 to March 19 2023. The data on the number of followers and revenue is analyzed and compared each other to determine the effect of the number of followers on the income earned. From the observations it is known that: (1) the number of affiliate followers has a negative/weak effect on revenue earned by @kilap premium based on Pearson correlation analysis with r=0.4044852 (2) the affiliator who has the highest revenue is @divvy_project with revenue of IDR 855,304 and with followers of 20,120 followers while the affiliate who has the lowest revenue is @racundanapelajar with revenue of IDR 22,677 and followers of 15,750 followers. Suggestions for further research are to differentiate or increase coverage regarding the number of likes from a TikTok account and also the number of products sold on a company's TikTok shop account.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170211 |
Uncontrolled Keywords: | TikTok shop, followers, Revenue, Afiliator |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 02:55 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 02:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214830 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ni Luh Putu Sri Mayoni.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |