Perancangan Board Game “Dengarkan Aku!” Sebagai Sarana Keterbukaan Diri Dengan Metode Komunikasi Interpersonal Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Bagi Usia 18-25 Tahun

Annisa, Nawang Sasi Rahma and M.Arief Nazaruddin, S.Sn., M.Ds (2023) Perancangan Board Game “Dengarkan Aku!” Sebagai Sarana Keterbukaan Diri Dengan Metode Komunikasi Interpersonal Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Bagi Usia 18-25 Tahun. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan untuk didengarkan merupakan kebutuhan setiap individu, baik tua maupun muda. Namun sayangnya banyak orang yang menyepelekan hal tersebut bahkan malu untuk menyebutkan masalah yang dihadapinya. Pengungkapan diri memainkan peran yang sangat penting bagi setiap individu untuk mengenal dirinya sendiri, mengembangkan kualitas positif untuk dirinya sendiri dan orang lain, serta menciptakan peluang untuk hubungan antarmanusia yang mendalam. Usia dewasa awal memerlukan media pelepas stress sekaligus menjembatani keterbukaan diri. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan merancang boardgame sebagai media keterbukaan diri dan komunikasi interpersonal untuk meningkatkan kesehatan mental bagi usia 18-25 tahun. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian mix methode (deskripstif kualitatif dan kuantitatif). Luaran dari penelitian ini berupa boardgame berjudul “Dengarkan Aku!”, dimana pemain dapat bermain sekaligus bercerita.

English Abstract

The need to be listened to is the need of every individual, young and old. But unfortunately many people underestimate this and are even embarrassed to mention the problems they face. Self-disclosure plays a very important role for each individual to know himself, develop positive qualities for himself and others, as well as create opportunities for deep human relationships. Early adulthood requires a medium for stress relief as well as bridging self-openness. Therefore, research was conducted by designing board games as a medium of self-disclosure and interpersonal communication to improve mental health for ages 18-25 years. This research method uses a mix method research method (descriptive, qualitative and quantitative). The output of this research is in the form of a board game entitled "Dengarkan Aku!” where players can play as well as tell stories.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170208
Uncontrolled Keywords: Boardgame, keterbukaan diri, komunikasi interpersonal, usia dewasa awal, kesehatan mental-Boardgame, self-disclosure, interpersonal communication, early adulthood, mental health.
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:32
Last Modified: 06 Feb 2024 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214810
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nawang Sasi Rahma Annisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item