The Impacts of Patriarchy in British Monarchy on Diana and Her Resistances Depicted in Pablo Larrain’s Film Spencer.

Wijayanti, Windy Dwi (2024) The Impacts of Patriarchy in British Monarchy on Diana and Her Resistances Depicted in Pablo Larrain’s Film Spencer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemunculan patriarki yang menunjukkan cara pandang dengan memberdayakan laki-laki dan memposisikan perempuan sebagai subordinat dan inferior. Posisi tersebut menyebabkan perempuan berada di bawah kontrol laki-laki. Kondisi ini ditunjukkan dalam Film Spencer yang mana Princess Diana menjadi korban patriarki yang dilakukan oleh British Monarchy terutama laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak patriarki yang terjadi di British Monarki terhadap Putri Diana yang merupakan istri putra mahkota yaitu Prince Charles dengan memberikan bukti adanya perubahan kondisi mental pada Putri Diana. Penelitian ini juga memaparkan perlawanan patriarki yang dilakukan Putri Diana, sehingga aksi tersebut menjadi indikasi bahwa dia menolak praktik patriarki. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif dengan data primer berupa dialog dan gambar dalam film. Data akan dianalisis menggunakan teori feminism oleh Mary Wollstonecraft (2014) dan patriarchy oleh Silvia Walby (1990). Dalam analisis ini terdapat tiga temuan. Pertama bentuk patriarki yang terjadi pada royal family, aspek yang paling dominan adalah posisi laki-laki yang lebih berkuasa sehingga lebih mudah dalam mengontrol aspek-aspek yang ada dalam perempuan, seperti karakteristik kecantikan, keputusan, dan peran yang harus dilakukan. Kedua , dampak patriarki yang diterima Putri Diana memberikan dampak pada kesehatan mentalnya. Depresi dan gangguan pola makan atau bulimia dengan diikuti menurunnya berat badan menjadi indikasi tekanan praktik patriarki terjadi. Terakhir, dampak patriarki yang dialami oleh Putri Diana memberikan dorongan untuk melakukan perlawanan pada kerajaan. Perlawanan yang dilakukan bertujuan untuk membela hak pribadi dan menunjukkan tingkah laku bahwa ia menolak perlakuan patriarki yang terjadi padanya.

English Abstract

The emergence of patriarchy shows a perspective by empowering men and positioning women as subordinate and inferior. The position causes women to be under male control. This condition is shown in Spencer film where Princess Diana became a victim of patriarchy carried out by the British Monarchy, especially men. This research aims to analyze the form and impact of patriarchy on Diana, who was the wife of the crown prince, Prince Charles, by providing evidence of changes in Princess Diana's mental condition. This research also explains Princess Diana's resistance to patriarchy, so this action is an indication that she rejected patriarchal practices. This research is a qualitative-descriptive research with primary data in the form of dialogue and images in films. The data will be analyzed using feminist theory by Mary Wollstonecraft (2014) and patriarchy by Silvia Walby (1990). In this analysis, there are three findings. First, in the form of patriarchy that occurs in the royal family, the most dominant aspect is the position of men who are more powerful so that it is easier to control aspects that exist in women, such as beauty characteristics, decisions, and roles that must be performed. Second, the impact of patriarchy that Princess Diana received had an impact on her mental health. Depression and eating disorders or bulimia followed by weight loss are indications of the pressure of patriarchal practices occurring. Last, the resistance by Princess Diana . The resistance aims to defend personal rights and show the behavior that she rejects the patriarchal treatment that occurs to her.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120080
Uncontrolled Keywords: Princess Diana, Feminism, Patriarchy and Impacts, British Monarchy, Resistance
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: agung
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:23
Last Modified: 30 Jan 2024 06:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214797
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Windy Dwi Wijayanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item