Implementasi Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran BIPA di Kelas Multilingual Assalihiyah School Pattani”.

Salma, Wakhidatus (2023) Implementasi Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran BIPA di Kelas Multilingual Assalihiyah School Pattani”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia atau BIPA sebagai bahasa asing dalam pembelajaran sekolah luar negeri merupakan hal yang harus diperhatikan, mengingat pembelajaran tersebut sangat dipengaruhi oleh latar belakang siswa dalam menerima materi yang dapat menyebabkan munculnya berbagai permasalahan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran BIPA dan bagaimana strategi yang dilakukan dalam menangani permasalahan di Assalihiyah School Pattani, Thailand. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif guna mengkaji bagaimana penemuan yang ada dalam proses kegiatan pembelajaran BIPA yang berlangung di negara asal penutur. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan observasi kegiatan pembelajaran BIPA dengan subjek penelitian siswa jenjang SMP dan SMA di Assalihiyah School Pattani, Thailand dengan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berupa permasalahan dalam pembelajaran terdiri atas perbedaan latar belakang sosial budaya dan politik pemelajar BIPA yang memiliki strategi berupa pemilihan materi dengan pendekatan pengetahuan negara dan daerah pemelajar BIPA. Permasalahan berupa adanya pemelajar BIPA yang kurang memahami huruf alfabet sehingga strategi yang diberikan berupa penerapan model belajar teman sejawat atau peer learning. Permasalahan kurangnya motivasi dalam kegiatan pembelajaran dilakukan strategi berupa penerapan model belajar Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan hasil penerapan strategi dalam permasalahan yang muncul yaitu pemelajar mampu menyelesaikan tugas dan mampu bekerja secara berkelompok dalam bertukar informasi maupun pengetahuan mengenai penyusunan kalimat dan materi keluarga.

English Abstract

The activity of learning Indonesian or BIPA as a foreign language in overseas school learning is something that must be considered, considering that learning is greatly influenced by the student's background in receiving material which can cause various problems to arise in learning activities. This research aims to identify various problems that arise in BIPA learning activities and what strategies are used to deal with problems at Assalihiyah School Pattani, Thailand. This research is a descriptive qualitative type to examine the findings in the process of BIPA learning activities that take place in the speaker's home country. The data collection method for this research is the observation of BIPA learning activities with research subjects at middle and high school level students at Assalihiyah School Pattani, Thailand using data analysis techniques from Miles and Huberman, namely data reduction, data presentation, and concluding. The results of the research in the form of problems in learning consist of differences in socio-cultural and political backgrounds BIPA students and have strategies in the form of selecting material using a knowledge approach of BIPA students' countries and regions. The problem is that there are BIPA students who do not understand the letters of the alphabet, so the strategy given is in the form of applying the peer learning model. The problem of lack of motivation in learning activities is carried out by a strategy in the form of applying the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model with the results of applying the strategy to the problems that arise, namely that students can complete assignments and can work in groups in exchanging information and knowledge regarding the preparation of sentences and family material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120076
Uncontrolled Keywords: BIPA, Pemelajar Multilingual, Problematika, Strategi BIPA
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: agung
Date Deposited: 30 Jan 2024 05:58
Last Modified: 30 Jan 2024 05:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214793
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
WAKHIDATUS SALMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item