Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Generasi Z (Studi Pada Wajib Pajak Generasi Z di Kota Surabaya)

Tamariska, Ni Putu Ayu Yemima and Saparila Worokinasih, Dr., S.Sos, M.Si and Devi Nur Cahaya Ningsih, SE., MSA., Ak. (2023) Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Generasi Z (Studi Pada Wajib Pajak Generasi Z di Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepatuhan pajak merupakan suatu tindakan wajib pajak dalam memenuhi seluruh kewajiban perpajakannya secara sukarela. Kepatuhan pajak juga merupakan salah satu sikap yang diambil oleh wajib pajak dalam membuat penilaian terhadap pajak itu sendiri. Persepsi wajib pajak dalam membuat suatu penilaian tersebut dipengaruhi oleh beberapa penyebab atau faktor. Penyimpulan penyebab atau faktor dari tingkah laku tersebut menjadi penting karena merupakan persepsi yang akan mempengaruhi tingkah laku yang selanjutnya. Dalam teori atribusi persepsi wajib pajak dalam bertindak patuh atau tidak patuh dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya, secara berbeda tergantung dari penyebab perilaku maupun peristiwa, dimana penyebab tingkah laku tersebut dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu ada faktor dari dalam diri seseorang atau disposisional (internal) dan faktor dari luar atau situasional (eksternal). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak generasi Z di Kota Surabaya. (2) Untuk mengetahui pengaruh kesadaran perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak generasi Z di Kota Surabaya. (3) Untuk mengetahui pengaruh sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak generasi Z di Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak generasi Z di Kota Surabaya. Dalam pengambilan sampel pada populasi yang ada, peneliti menggunakan nonprobability sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Accidental sampling merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan dan apabila wajib pajak yang kebetulan ditemui tersebut sesuai dengan kriteria yang ditentukan maka akan digunakan sebagai sumber data. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang disebarkan melalui Google Form kepada 100 responden. Data dari hasil penyebaran kuesioner akan dianalisis, analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda dan diolah menggunakan IMB SPSS versi 25. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan perpajakan, kesadaran perpajakan, dan sosialisasi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak generasi Z di Kota Surabaya.

English Abstract

Tax obedience is an action of taxpayer in fulfilling their tax obilagion voluntarily. Tax obedience is also on attitude taken by taxpayer in making the assessment on the tax itself. The perception of taxpayer in making certain assessment is influenced by some reason or factors. The conclusion on the reason or factors from this behavior becomes important because it is a perception which will influence the next behavior. In the theory of attribution, the taxpayer’s perception in being obedient or not in implementing their tax obligation is differently depending on the cause of behavior or events where the behavior causes are differed into 2 (two) namely the internal factor or dispositional (internal) and external factor of situational (external). This research aimed to: (1) find out the influence of tax knowledge on taxpayer obedience of Z generation in Surabaya City, (2) find out the influence of tax awareness on taxpayer obedience of Z generation in Surabaya City, (3) find out the influence of tax socialization on taxpayer obedience of Z generation in Surabaya City. This research was a qualitative research with explanatory research approach. The population used in this research were Z generation taxpayers in Surabaya City. In the selection of the existed samples, the researcher employed nonprobability sampling particularly accidental sampling. It is a technique of sample determination based on coincidence and if the taxpayer met is accidentally suitable with the criteria determined then will be used as the data source. The data collection was carried out by spreading questionnaires through Google Form to 100 respondents. The data the result of questionnaire distribution would be analyzed. Data analysis was conducted with multiple linear regression and processed by using IMB SPSS version 25. The testing result in this research showed that tax knowledge, tax awareness, and tax socialization positively and significantly influence the obedience of Z generation taxpayer in Surabaya City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030902
Uncontrolled Keywords: Teori Atribusi, Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, dan Kepatuhan Wajib Pajak Generasi Z
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:13
Last Modified: 01 Feb 2024 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214783
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ni Putu Ayu Yemima Tamariska.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item