Shafa Zhafirah, Athaya and Rachma Bhakti Utami, S.E, M.AB (2023) Evaluasi Strategi Media Relations Humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VIII Surabaya dalam Melaksanakan Publisitas. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Humas Daop VIII Surabaya memandang penting publisitas dan rutin melakukan aktivitas media relations. Adapun berbagai aktivitas media relations yang dilakukan diantaranya menyediakan press conference, memfasilitasi media dalam mendapatkan informasi, silaturahmi media, kunjungan media, dan media tour. Adapun kendala yang dihadapi oleh Humas Daop VIII dalam menjalankan publisitas yaitu pemberitaan yang kurang diangkat oleh media dan juga pemberitaan negative. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi media relations humas Daop VIII Surabaya dalam melaksanakan publisitas ditinjau dari segi konteks, input, proses, dan produk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara narasumber, serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa Humas Daop VIII Surabaya dalam menjalankan evaluasinya adalah dengan melakukan media monitoring setiap harinya, dengan mencari dan membaca artikel pada media online, media cetak, media elektronik, dan kemudian melakukan laporan pertanggung jawaban. Dengan tidak adanya pemahaman akan pentingnya melihat respons publik, maka humas dapat merubah perencanaan yang selama ini dilakukan agar bersifat strategis, dengan merumuskan sasaran yang strategis dengan tujuan dan tupoksi. Sehingga humas Daop VIII Surabaya dapat menerapkan evaluasi CIPP yang komprehensif sesuai dengan panduan yang juga dikeluarkan oleh perusahaan.
English Abstract
Public Relations at Daop VIII Surabaya considers publicity important and routinely conducts media relations activities. The various media relations activities carried out include holding press conferences, facilitating the media in obtaining information, media gatherings, media visits, and media tours. The obstacles faced by Daop VIII Public Relations in carrying out publicity are news that is not covered by the media and negative news. This study aims to evaluate the Daop VIII Surabaya public relations and media relations strategy in carrying out publicity in terms of context, input, process, and product. This research is qualitative with a descriptive approach using the CIPP evaluation model (context, input, process, and product). Data collection techniques were carried out by means of observation, interviewing sources, and drawing conclusions. From the results of this study, it is known that Public Relations of Daop VIII Surabaya carries out its evaluation by conducting media monitoring every day, searching and reading articles in online media, print media, and electronic media, and then carrying out accountability reports. In the absence of an understanding of the importance of seeing the public's response, humans can change the planning that has been carried out so that it is strategic by formulating strategic goals with objectives and duties. So that Daop VIII Surabaya's public relations can implement a comprehensive CIPP evaluation in accordance with the guidelines issued by the company.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052317 |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Strategi Media Relations, Evaluasi CIPP, Evaluation, Media Relations Strategy, CIPP Evaluation |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 00:40 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 00:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214781 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Athaya Shafa Zhafirah.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |