Pengaruh Kualitas Layanan Pariwisata Melalui Kepuasan Wisatawan terhadap Intention To Revisit (Survei Pada Taman Impian Jaya Ancol)

Merza., Muhammad Naufal Aqil and Irfan Kharisma Putra, S.AB., MAB (2023) Pengaruh Kualitas Layanan Pariwisata Melalui Kepuasan Wisatawan terhadap Intention To Revisit (Survei Pada Taman Impian Jaya Ancol). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Layanan Pariwisata melalui Kepuasan Wisata pada Objek Wisata Taman Impian Jaya Ancol, Indonesia terhadap Intention To Revisit Kualitas layanan Pariwisata dan Kepuasan Wisatawan diidentifikasi sebagai faktor kunci yang mempengaruhi preferensi wisatawan dalam memilih objek wisata. Dengan melakukan survei terhadap para wisatawan Taman Impian Jaya Ancol, penelitian ini berusaha untuk memberikan pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi keputusan wisatawan dalam objek wisata. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan strategi Kualitas Layanan harga yang lebih baik dalam industri Pariwisata, khususnya untuk meningkatkan daya tarik Taman Impian Jaya Ancol bagi para wisatawan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diambil sebagai sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Taman Impian Jaya Ancol dengan tujuan berwisata. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara luring kepada 100 responden. Metode penelitian ini dipilih untuk memberikan gambaran yang mendalam tentang hubungan antara kualitas layanan pariwisata, kepuasan wisatawan, dan Intention To Revisit, serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi preferensi pengunjung Taman Impian Jaya Ancol dalam konteks perjalanan wisata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Layanan Pariwisata (X) dan Kepuasan Wisatawan (Z) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Intention To Revisit (Y). Kualitas Layanan Pariwisata berkontribusi sebesar 72,6% terhadap layanan Pariwisata, sementara Layanan Pariwisata memberikan kontribusi sebesar 42,8% terhadap Intention To Revisit saat berwisata. Secara bersama-sama, Pengaruh Layanan pariwisata terhadap Intention To Revisit melalui Kepuasan wisatawan sebesar 32,4% dalam Keputusan PemilihanTaman Impian Jaya Ancol. Temuan ini memberikan landasan yang kokoh untuk implikasi praktis dalam pengembangan strategi Kualitas Layanan Pariwisata dalam industri objek wisata.

English Abstract

This research aims to analyze the influence of Tourism Service Quality through Tourist Satisfaction at the Taman Impian Jaya Ancol Tourism Object, Indonesia on Intention To Revisit. Tourism service quality and Tourist Satisfaction are identified as key factors that influence tourist preferences in choosing tourist attractions. By conducting a survey of Taman Impian Jaya Ancol tourists, this research seeks to provide an in-depth understanding of the factors that influence tourists' decisions about tourist attractions. It is hoped that the results of this research can make a significant contribution to the development of a better price and service quality strategy in the tourism industry, especially to increase the attractiveness of Taman Impian Jaya Ancol for tourists. The research method used in this research is explanatory research with a quantitative approach. The population taken as a sample in this study were all visitors to Taman Impian Jaya Ancol with the aim of traveling. Data collection was carried out by distributing questionnaires offline to 100 respondents. This research method was chosen to provide an in-depth picture of the relationship between tourism service quality, tourist satisfaction, and Intention To Revisit, as well as to identify factors that can influence the preferences of visitors to Taman Impian Jaya Ancol in the context of tourist travel. The results of this research indicate that Tourism Service Quality (X) and Tourist Satisfaction (Z) have a positive and significant influence on Intention To Revisit (Y). Quality of Tourism Services contributes 72.6% to Tourism services, while Tourism Services contributes 42.8% to Intention To Revisit when traveling. Taken together, the influence of tourism services on Intention To Revisit through tourist satisfaction is 32.4% in the decision to select Taman Impian Jaya Ancol. These findings provide a solid foundation for practical implications in the development of Tourism Service Quality strategies in the tourist attraction industry.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030899
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan Pariwisata, Kepuasan Wisatawan, Intention To Revisit, Objek Wisata
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:12
Last Modified: 01 Feb 2024 02:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214771
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Naufal Aqil Merza.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item