Cintyastuti, Meidyana and Saiful Rahman Yuniarto, S.Sos. MAB (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Aplikasi Transportasi Online Menggunakan Unified Theory Of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) (Survei Pada Maxim Kota Malang)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mendorong terjadinya transformasi besar-besaran dalam industri transportasi, yaitu dengan lahirnya jasa transportasi online, salah satunya Maxim. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi niat penggunaan aplikasi transportasi online Maxim menggunakan teori UTAUT dengan menguji pengaruh Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, dan Price Value terhadap Behavioral Intention pengguna aplikasi transportasi online Maxim Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara online menggunakan Google Form yang kemudian dianalisa dengan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Influence dan Price Value berpengaruh terhadap Behavioral Intention, sedangkan Performance Expectancy, Effort Expectancy, dan Facilitating Conditions tidak berpengaruh terhadap Behavioral Intention.
English Abstract
The rapid development of information and communication technology has brought about a significant transformation in the transportation industry, giving rise to online transportation services such as Maxim. The aim of this study is to understand the factors that influence users' intention to use the online transportation app using Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). This study examines the effect of Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, and Price Value on Behavioral Intention to use Maxim in Malang City. This research employed an explanatory approach with a quantitative method, and collected data from 110 respondents through online questionnaires using Google Form. Data was analyzed using multiple linear regression with SPSS 26. The results show that Social Influence and Price Value significantly influence users' Behavioral Intention, while Performance Expectancy, Effort Expectancy, and Facilitating Conditions do not have a significant impact on Behavioral Intention.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030896 |
Uncontrolled Keywords: | Maxim, Transportasi Online, UTAUT, Behavioral Intention |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 07:57 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 07:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214765 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Meidyana Cintyastuti.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |