Pengaruh Citra Merek, Harga dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Pengguna iPhone di Kota Malang)

Dianati, Fahima Ilma and Dr. Drs. Agung Yuniarianto, Ms., CMA (2023) Pengaruh Citra Merek, Harga dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Pengguna iPhone di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan smartphone, terutama merek Apple, mengalami dominasi di Indonesia dan Kota Malang berkat kebutuhan akan akses informasi dan daya tarik branding yang kuat. Perkembangan teknologi, ketersediaan internet, dan jumlah mahasiswa yang tinggi juga menjadi faktor utama dalam peningkatan penggunaan smartphone di kota tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, harga, dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian pengguna iPhone. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Data dari penelitian ini dikumpulkan dari survei dengan menyebarkan kuesioner dalam jaringan menggunakan Google Form dan kuisioner offline ke 240 responden. Kriteria responden yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah berumur minimal 17 tahun, berdomisili di Kota Malang, dan pengguna iPhone. Data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dianalisis menggunakan analisis Regresi Liner Berganda dengan perangkat lunak SPSS IBM 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan layanan purna jual memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone dengan merek iPhone. Disamping itu, harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone merek iPhone. Kesimpulan dari penelitian ini adalah apabila citra merek dan layanan purna jual meningkat, maka akan meningkatkan keputusan pembelian pengguna iPhone di Kota Malang.

English Abstract

Indonesia and Malang City due to the need for information access and the strong branding appeal. Technological advancements, internet availability, and a high number of students are also key factors contributing to the increased smartphone usage in the city. This study aims to determine the influence of brand image, price, and after-sales service on the purchase decision of iPhone users. The research employed a quantitative method with an explanatory approach. Data for this study were collected through a survey distributed to 240 respondents using Google Forms and offline questionnarie. The criteria for respondents in this study were a minimum age of 17, residing in Malang City, and being iPhone users. The data obtained from the questionnaire survey were analyzed using Multiple Linear Regression analysis with IBM SPSS 26 software. The results of the research indicate that brand image and after-sales service have a positive and significant impact on the purchase decisions of smartphones with the iPhone brand. However, price does not affect the purchase decisions of iPhone brand smartphones. The conclusion drawn from this research is that an increase in brand image and after-sales service will enhance the purchase decisions of iPhone users in Malang City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523020748
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Harga, Layanan Purna Jual, Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:16
Last Modified: 30 Jan 2024 08:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214758
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fahima Ilma Dianati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item