Pengaruh E-WOM dan Destination Image terhadap Niat Berkunjung Kembali ke Tempat Wisata pada Jawa Timur Park Group

Wulansari, Cantika and Dr. Dra. Zahroh Za, M.Si and Irfan Kharisma Putra, SAB., MAB (2023) Pengaruh E-WOM dan Destination Image terhadap Niat Berkunjung Kembali ke Tempat Wisata pada Jawa Timur Park Group. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jawa Timur Park Group adalah perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata sebagai penyedia tempat wisata yang populer di Kota Batu. Jawa Timur Park Group menyediakan tempat wisata berbagai macam mulai dari theme park, wahana permainan, museum, dan taman belajar. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh E-WOM dan destination image terhadap niat berkunjung kembali wisatawan yang pernah berkunjung sebelumnya dan pengguna media sosial TikTok. Variabel independen pada penelitian ini adalah E-WOM dan destination image. Variabel dependen pada penelitian ini adalah niat berkunjung kembali. Penelitian ini menggunakan jenis explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini berada di Jawa Timur Park Group Kota Batu. Data yang digunakan adalah data primer yang merupakan data dari penyebaran kuesioner secara online menggunakan Google Form kepada 96 orang pengguna media sosial TikTok dan pernah mengunjungi tempat wisata miliki Jawa Timur Park Group. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling tepatnya accidental samplin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel E-WOM dan variabel destination image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel niat berkunjung kembali. Variabel E-WOM dan variabel destination image juga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel niat berkunjung kembali. Penelitian ini menghasilkan saran yang dapat disampaikan kepada pihak Jawa Timur Park Group untuk meningkatkan E-WOM pada media sosial TikTok, serta menjaga dan mengembangkan destination image dibentuk oleh Jawa Timur Park Group agar dapat membentuk niat berkunjung kembali wisatawannya.

English Abstract

Jawa Timur Park Group is a company engaged in tourism as a provider of popular tourist attractions in Batu City. Jawa Timur Park Group provides various tourist attractions ranging from theme parks, game rides, museums, and learning parks. The purpose of this research is to test and analyze the effect of E-WOM and destination image on revisit intention tourists who have visited before and TikTok social media users. Independent variables in this study are E-WOM and destination image. The dependent variable in this study is revisit intention. This research uses a type of explanatory research with a quantitative approach. The location of this research is located in Jawa Timur Park Group Batu City. The data used is primary data which is data from the distribution of questionnaires online using Google Form to 96 TikTok social media users and have visited tourist attractions owned by Jawa Timur Park Group. Sampling technique using non probability sampling, precisely accidental sampling. The results of this study show that the E-WOM variable and the destination image variable have a positive and significant effect on the revisit intention variable. The E-WOM variable and the destination image variable also simultaneously have a positive and significant effect on the revisit intention variable. This research produces suggestions that can be conveyed to the Jawa Timur Park Group to improve E-WOM on TikTok social media, as well as maintain and develop the destination image formed by Jawa Timur Park Group in order to form the revisit intention its tourists.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030892
Uncontrolled Keywords: E-WOM, Destination Image, dan Niat Berkunjung Kemba
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:55
Last Modified: 31 Jan 2024 07:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214723
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Cantika Wulansari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item