Pemanfaatan Media Video Animasi Berbasis Software Animiz Animation Maker Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Untuk Guru Non Animator SMAN 2 Malang(Studi Kasus Pemanfaatan Animiz Animation Maker).

Adicitadharma, Tantradiva Noftyandikumara (2023) Pemanfaatan Media Video Animasi Berbasis Software Animiz Animation Maker Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Untuk Guru Non Animator SMAN 2 Malang(Studi Kasus Pemanfaatan Animiz Animation Maker). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan software Animiz Animation Maker sebagai sarana pembuatan media pembelajaran Bahasa Jepang berupa video animasi pembelajaran Bahasa Jepang yang digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ pada saat mengajar di SMAN 2 Malang. Penelitian ini menggunakan toeri media pembelajaran milik Arsyad dan teori video animasi dari Agus Suheri, Ibiz Fernande, dan Husni. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. .Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non-partisipan. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kualitatif bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran tetap berada di jumlah 36 siswa hal ini menunjukkan bahwa minat siswa untuk tetap mengikuti pembelajaran terjaga selama lima minggu menyampaikan materi Bahasa Jepang menggunakan video animasi yang dibuat menggunakan Animiz. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba maka penulis dapat menyimpulkan bahwa pemanfaatan media video animasi berbasis software Animiz Animation Maker Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Untuk Guru Non Animator SMAN 2 Malang layak digunakan untuk guru untuk membantu kegiatan pembelajaran.

Other obstract

この研究は、SMAN 2 マランで教える際の遠隔学習や PJJ に使用されるア ニメーション日本語学習ビデオの形で、日本語学習メディアの手段として アニミズアニメーション メーカーソフトウェアを活用することを目的と しています。 この研究では、Arsyad の学習メディア理論と、Agus Suheri、Ibiz Fernande、Husni によるアニメーション ビデオ理論を使用 します。 実施される調査の種類は定性調査です。 使用されたデータ収集 手法は非参加観察でした。 実行されたデータ分析は、帰納的定性データ 分析でした。 調査の結果、学習に参加した生徒数は36名にとどまり、ア ニメーション動画による日本語教材の配信を5週間続けた期間中、生徒の 継続的な学習への関心が維持されたことがわかりました。アニミズを使っ て。 専門家の検証と試験の結果に基づいて、著者は、SMAN 2 マランでの アニメーターではない教師の日本語学習におけるアニミズアニメーション メーカー ソフトウェアに基づくアニメーション ビデオ メディアの使用 は、教師が学習を支援するために使用するのに適していると結論付けるこ とができます。活動。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120069
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan, software Animiz Animztion Maker, kemudahan penggunaan Animiz
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: agung
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:33
Last Modified: 30 Jan 2024 03:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214708
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
TANTRADIVA NOFTYANDIKUMARA ADICITADHARMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Actions (login required)

View Item View Item