STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA MELALUI EVALUASI PENGALAMAN PENGUNJUNG (Studi kasus pada Suroboyo Carnival Park)

Yulibag, Warid Ajeng (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA MELALUI EVALUASI PENGALAMAN PENGUNJUNG (Studi kasus pada Suroboyo Carnival Park). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pengembangan pariwisata untuk menarik minat berkunjung wisatawan yang menurun. Diikuti oleh adanya pengunjung atau konsumen yang menjadi penting untuk perusahaan jasa wisata karena adanya keterlibatan perasaan pengunjung yang nantinya akan menimbulkan pembelian ulang atau kekecewaan. Penelitian ini termasuk kategori penelitian eksploratif, menurut Malhotra (2004) penelitian eksploratif bermaksud ingin menemukan faktor-faktor penyebab sesuatu itu terjadi, sifatnya meraba-raba masalah dan peluangnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara dan observasi dan dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis SWOT untuk melakukan perbandingan dan menentukan pilihan strategi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Suroboyo Carnival berada pada posisi strategi defensif, dimana kelemahan (Weakness) yang dimiliki cukup besar dan juga memiliki ancaman (Threatness) yang cukup besar, artinya pilihan strategi adalah berbenah diri dengan memanfaatkan kekuatan (Strengthness) dan peluang (Opportunites) yang dimiliki oleh Suroboyo Carnival tersebut.

English Abstract

Background of this study was to bring some decreasing tourist visit back, that tourism development phenomenon. The amount of tourist or consumer was important for this tourist service business since their feeling will generate them to come back again as their satisfied or on the contrary disappointed. This study was categorized as explorative study, according to Malhotra (2004) the aim of explorative study was to discover reason factors about the phenomenon through its problem and chance. Data collect technique used in this study were interview and observation, furthermore the qualitative analytical method. The result of this study processed through SWOT analysis to compare and decide the best strategy chance. The study result indicated that Suroboyo Carnival was on the defensive stage, there was sizeable weakness (W) beside is sizeable threatness (T), therefore the strategy choosen was making improvement through utilized its strengthness (S) and opportunities (O).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/ 2017/362/051706727
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Pengunjung, Kepuasan, Strengthness, Weakness, Opportunities, Threatness
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Sep 2017 06:48
Last Modified: 09 Sep 2020 14:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2147
[thumbnail of Warid Ajeng Yulibag.pdf] Text
Warid Ajeng Yulibag.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item