Asuhan Keperawatan Dengan Masalah Nyeri Akut Pada Penderita Ca Caput Pankreas Post Operasi Di Ruang Jaya Wijaya RSUD dr. Saiful Anwar Malang.

Sulik, - and Ns. Renny Nova, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J. (2023) Asuhan Keperawatan Dengan Masalah Nyeri Akut Pada Penderita Ca Caput Pankreas Post Operasi Di Ruang Jaya Wijaya RSUD dr. Saiful Anwar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kanker pankreas merupakan salah satu bentuk kanker yang memiliki tingkat kematian tinggi dan tantangan dalam pengelolaan perawatannya. Masalah utama yang sering terjadi pada pasien kanker pankreas adalah nyeri. Keberhasilan dalam merawat pasien dengan kanker pankreas memerlukan pemahaman mendalam terhadap aspek medis, fisik, psikososial, dan spiritual yang melibatkan pasien tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan asuhan keperawatan pada penderita yang mengalami masalah keperawatan nyeri akut akibat dari prosedur operasi Ca Caput Pankreas di Ruang Jaya Wijaya RSUD dr. Saiful Anwar Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Proses asuhan keperawatan ini dilaksanakan mulai dari pengkajian hingga evaluasi di Ruang Jaya Wijaya RSUD dr. Saiful Anwar Malang pada tanggal 10 Juli 2023 – 13 Juli 2023. Hasil studi kasus menunjukkan bahwa pasien memiliki keluhan utama yaitu nyeri. Diagnosis keperawatan yang muncul pada kasus ini adalah nyeri akut, gangguan mobilitas fisik, gangguan pola tidur, risiko infeksi, dan risiko defisit nutrisi. Intervensi keperawatan yang dilakukan dalam studi kasus ini adalah manajemen nyeri, dukungan mobilisasi, dukungan tidur, pencegahan infeksi, dan manajemen nutrisi. Hasil evaluasi menunjukan bahwa masalah nyeri akut belum bisa teratasi setelah tiga hari pemberian asuhan keperawatan. Disamping itu, diagnosa gangguan mobilitas fisik, resiko infeksi dan resiko nutrisi juga masih membutuhkan tindakan keperawatan. Namun untuk diagnosa gangguan tidur dapat teratasi setelah tiga hari pemberian asuhan keperawatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523160131
Uncontrolled Keywords: kanker pankreas, nyeri, asuhan keperawatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Keperawatan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:42
Last Modified: 06 Feb 2024 01:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214610
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sulik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item