Analisis Pemungutan, Penyetoran, dan Pelaporan PPN Atas Studi Kasus PT. X Menurut PERMENKEU RI Nomor 8/PMK. 03/2021

Daffa Purnama, Anggoro and Anisya Sukmawati, SE., MSA., Ak., CA., CPA., CRA., CRP (2023) Analisis Pemungutan, Penyetoran, dan Pelaporan PPN Atas Studi Kasus PT. X Menurut PERMENKEU RI Nomor 8/PMK. 03/2021. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kasus yang diangkat penulis adalah pemungutan, penyetoran, dan pelaporan berdasarkan PMK-8/PMK.03/2021 dan Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009 atas perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme yang dilakukan oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan mekanisme yang sudah tertulis di PMK-8/PMK.03/2021 dan Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penulis menggunakan metode ini adalah untuk memperoleh bukti dan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam melakukan pemungutan, penyetoran, dan pelaporan dari pihak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, dari dokumen-dokumen yang diperlukan masih kurang atau tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Seperti faktur pajak yang hanya 1 (satu) sampai 2 (dua) rangkap, sedangkan seharusnya faktur pajak rangkap 3 (tiga). Selain itu Surat Setoran Pajak (SSP) yang seharusnya rangkap 5 (lima), hanya memiliki rangkap 2 (dua) sampai 4 (empat). Hal ini menyebabkan pihak perusahaan meminta kekurangan ke pihak rekanan untuk mengirim lagi sesuai yang telah ditetapkan dan memerlukan waktu yang cukup lama. Sehingga mengakibatkan dari pihak perusahaan ini melakukan penyetoran melebihi tanggal yang telah ditentukan dan harus mendapatkan sanksi yang harus dibayar atas keterlambatan penyetoran pajak. Oleh karena itu, penulis memberikan saran kepada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengedukasi dan memberitahu kepada rekanan mengenai dokumendokumen yang harus sesuai agar sesuai dengan peraturan yang telah dibuat dalam berdasarkan PMK-8/PMK.03/2021 dan Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009 supaya tidak terjadi lagi keterlambatan dalam penyetoran dan tidak mendapatkan saksi yang harus dibayar.

English Abstract

The case raised by the author is collection, deposit and reporting based on PMK-8/PMK.03/2021 and Law Number 42 of 2009 regarding StateOwned Enterprises. This research aims to find out the mechanisms carried out by State-Owned Enterprises with the mechanisms written in PMK- 8/PMK.03/2021 and Law Number 42 of 2009. In this research, the author uses descriptive research methods with a qualitative approach. The author's aim in using this method is to obtain evidence and documents needed for collecting, depositing and reporting from State-Owned Enterprises. The results of this research show that the required documents are still lacking or do not comply with applicable regulations. For example, tax invoices only have 1 (one) to 2 (two) copies, whereas tax invoices should be 3 (three) copies. Apart from that, the Tax Payment Letter, which should be in 5 (five) copies, only has 2 (two) to 4 (four) copies. This causes the company to ask the partner for the shortage to send it again according to what has been determined and it takes quite a long time. This results in the company making deposits beyond the specified date and having to receive sanctions that must be paid for late tax deposits. Therefore, the author provides advice to State-Owned Enterprises companies to educate and inform partners regarding the documents that must be in accordance with the regulations that have been made based on PMK-8/PMK.03/2021 and the Law. Law Number 42 of 2009 so that there will be no more delays in making deposits and not getting witnesses who have to be paid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: PPN, Memungut, menyetor, melaporkan PPN dan PPnBM, VAT, collecting, depositing, reporting VAT and PPnBM
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:58
Last Modified: 30 Jan 2024 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214608
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ANGGORO DAFFA PURNAMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item